Optimisasi Pasokan Dalam Usaha Hidroponik Di Titik Tanam Minimal

Supply Optimization In Hydroponic Business At Minimum Planting Point

Authors

  • Nur Suciati Ramadan Universitas Majalengka
  • Muhammad Fahrudin Universitas Majalengka
  • Ida Marina Universitas Majalengka
  • Sri Ayu Andayani Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jsa.v2i1.5165

Keywords:

Hidroponik, Pemasaran, Titik Tanam Minimal

Abstract

Penjualan sayuran hidroponik di Saung Hidroponik Wa Adi mengalami peningkatan yang signifikan setiap tahunnya. Pendapatan pemilik Saung Hidroponik juga menjanjikan, dengan kisaran antara Rp. 3.000.000 hingga Rp. 4.000.000. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menerapkan strategi efektif guna memaksimalkan pasokan sumber daya dalam usaha hidroponik dengan keterbatasan titik tanam.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara dan kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan analisis SWOT. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 14 orang, termasuk pemilik dan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan dan inovasi dalam budidaya hidroponik memiliki nilai rata-rata antara 3,1 hingga 3,5, yang mengindikasikan kategori tinggi. Artinya, pernyataan tersebut memiliki pengaruh yang paling signifikan. Media sosial seperti WhatsApp dan Facebook juga memiliki pengaruh besar terhadap penjualan sayuran hidroponik. Penjualan maksimal dapat tercapai dengan adanya sumber daya manusia yang berkualitas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Ramadan, N. S., Muhammad Fahrudin, Marina, I., & Andayani, S. A. (2023). Optimisasi Pasokan Dalam Usaha Hidroponik Di Titik Tanam Minimal: Supply Optimization In Hydroponic Business At Minimum Planting Point. Journal of Sustainable Agribusiness, 2(1), 8–12. https://doi.org/10.31949/jsa.v2i1.5165

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>