Peran Literasi Terhadap Kepercayaan Diri (Self Efficacy) Peserta Didik Kelas IV di UPT SD Negeri 2 Ambarawa
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran literasi dalam meningkatkan self efficacy siswa kelas IV SD Negeri 2 Ambarawa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian yaitu uru dan peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Ambarawa. Teknik penggumpulan data mengggunakan wawancara, observasi, dan angket. Kegiatan literasi di SD Negeri 2 Ambarawa berperan dalam meningkatkan self efficacy peserta didik, Kendala yang dihadapi yaitu peserta didik yang menggangu temannya dalam kegiatan literasi dan buku-buku yang tersedia pada pojok baca perlu diganti secara rutin agar peserta didik tidak bosan. Upaya yang dilakukan untuk menghadapi permasalah ini yaitu dengan cara mengawasi peserta didik dalam kegiatan literasi dan menggunakan metode yang bervariatif. Selain itu, dilakukan rotasi buku setiap 3x dalam 1 minggu agar koleksi buku pada pojok baca selalu baru bagi peserta didik.