Peran Literasi Terhadap Kepercayaan Diri (Self Efficacy) Peserta Didik Kelas IV di UPT SD Negeri 2 Ambarawa

Penulis

  • Agil Diah Febrian Aggil Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Alif Kurnia Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Fahulia Uswatun H Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Jihan Rahmawati Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Septania Shifa M Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran literasi dalam meningkatkan self efficacy siswa kelas IV SD Negeri 2 Ambarawa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian yaitu uru dan peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Ambarawa. Teknik penggumpulan data mengggunakan wawancara, observasi, dan angket. Kegiatan literasi di SD Negeri 2 Ambarawa berperan dalam meningkatkan self efficacy peserta didik, Kendala yang dihadapi yaitu peserta didik yang menggangu temannya dalam kegiatan literasi dan buku-buku yang tersedia pada pojok baca perlu diganti secara rutin agar peserta didik tidak bosan. Upaya yang dilakukan untuk menghadapi permasalah ini yaitu dengan cara mengawasi peserta didik dalam kegiatan literasi dan menggunakan metode yang bervariatif. Selain itu, dilakukan rotasi buku setiap 3x dalam 1 minggu agar koleksi buku pada pojok baca selalu baru bagi peserta didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Abstract Views : 194
Downloads Count: 508

Diterbitkan

2023-12-15

Cara Mengutip

Aggil, A. D. F., Alif Kurnia, Fahulia Uswatun H, Jihan Rahmawati, & Septania Shifa M. (2023). Peran Literasi Terhadap Kepercayaan Diri (Self Efficacy) Peserta Didik Kelas IV di UPT SD Negeri 2 Ambarawa. Journal of Innovation in Primary Education, 2(2), 72–77. Diambil dari https://ejournal.unma.ac.id/index.php/jipe/article/view/7389

Terbitan

Bagian

Articles