Pengaruh Terpaan Konten dan Kredibilitas Ade Rai Pada Akun Youtobe Funia Ade Rai Terhadap Sikap Hidup Sehat Subscribers
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis adanya pengaruh terpaan konten dan kredibilitas Ade Rai pada akun youtube Dunia Ade Rai terhadap sikap hidup sehat subscribers. Penelilitan ini menggunakan teori menggunakan pedekatan teori S-O-R (stimulus-organism-response) yang di kemukakan oleh Hovland dan teori kredibilitas sumber dikemukakan oleh Hovland, Janis, dan Kelley. Metode penelitian yang di gunakan adalah kuantitatif, dengan metode penyebaran angket kuesioner menggunakan Google Form. Responden pada penelitian ini adalah subscribers dari akun youtube Dunia Ade Rai, dengan jumlah sampel sebesar 400 yang diambil berdasarkan dengan perhitungan rumus Slovin dan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Metode abalisis data pada penelitian menggunakan uji validitas, realibilitas, heterokedastistas, multikolonieritas, analisis regresi, koefisien determinasi, serta uji T dan Uji F. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terpaan konten terhadap sikap hidup sehat subscribers, pengaruh kredibilitas Ade Rai terhadap sikap hidup sehat subscribers, dan pengaruh terpaan konten dan kredibilitas Ade Rai pada akun youtube Dunia Ade Rai terhadap sikap hidup sehat subscibers memiliki pengaruh yang positif bagi sikap hidup sehat orang yang mengikutinya.