Analisis Naratif Promosi Desa Wisata Tetebatu Dalam Akun Instagram @bppdlotimofficial
DOI:
https://doi.org/10.31949/jika.v7i2.12247Abstract
Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Lombok Timur memanfaatkan internet untuk media promosi melalui akun Instagram @bppdlotimofficial, khususnya dalam mempromosikan Desa Wisata Tetebatu. Beragam narasi disusun untuk meningkatkan kesadaran dan minat wisatawan terhadap destinasi wisata ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis alur cerita Desa Wisata Tetebatu Lombok Timur dipromosikan melalui akun Instagram @bppdlotimofficial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis naratif. Teori naratif Tzvetan Todorov menjadi pisau analisis yang membagi narasi menjadi tiga bagian yaitu alur cerita awal, alur cerita tengah dan alur cerita akhir. Teknik pengumpulan data diperoleh dari dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan narasi promosi desa wisata Tetebatu pada akun Instagram @bppdlotimofficial memiliki tiga alur. Pertama, alur awal menjelaskan pengenalan desa wisata Tetebatu di ajang Best Tourism Villages. Kedua, alur tengah menjelaskan gangguan yang muncul berupa permasalahan kebersihan lingkungan, permasalahan lainnya muncul ketika promosi harus digencarkan lebih maksimal untuk meraih dukungan yang lebih besar dari khalayak. Alur tengah ditutup dengan berakhirnya lomba, dimana desa wisata Tetebatu belum bisa meraih kemenangan. Ketiga, alur akhir menjelaskan berbagai upaya yang dilakukan untuk mengembalikan keseimbangan dalam proses promosi desa wisata Tetebatu pasca lomba, alur akhir dalam cerita ini ditandai dengan keberhasilan desa wisata Tetebatu sebagai 300 desa wisata terbaik ADWI 2023.