Integration of Profil Pelajar Pancasila in Islamic Religious Education Textbooks for Elementary School

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31949/jee.v7i4.12017

Abstract

Terwujudnya peserta didik yang memiliki Profil Pelajar Pancasila merupakan cita-cita pemerintah saat ini. Maraknya tiga dosa besar pendidikan, intoleransi, dan minimnya kedisiplinan di lingkungan peserta didik Sekolah Dasar menimbulkan ancaman disintegrasi pendidikan dasar dari dalam. Pemerintah berupaya menghadirkan pembelajaran Profil Pelajar Pancasila melalui berbagai media pembelajaran, salah satunya melalui buku terbuka PAI dan Pendidikan Karakter. Tujuan penelitian ini adalah untuk pembahasan mengetahui Profil Pelajar Pancasila dalam buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Karakter Kurikulum Mandiri Kelas 1-3, bagaimana integrasi materi Pendidikan Agama Islam dengan Profil Pelajar Pancasila dalam buku siswa Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Karakter Kurikulum Mandiri Kelas 1- 3, dan urgensi buku siswa PAI dalam membangun Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis Library Research dengan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Karakter Kelas 1-3 SD Kurikulum Mandiri telah terintegrasi dengan Profil Pelajar Pancasila. Dimensi Keimanan, Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berpikir Kritis merupakan dimensi yang paling sering ditemukan. Sementara itu, dimensi Keberagaman Global merupakan dimensi yang paling jarang ditemukan pada buku terbuka Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Karakter kelas 1-3 SD. Keberadaan Profil Pelajar Pancasila pada buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Karakter kelas 1-3 SD sangat penting sebagai bekal kehidupan peserta didik dalam menghadapi masa depan.

Keywords:

Profil Pelajar Pancasila, Buku Ajar PAI, Sekolah Dasar, Penanaman Karakter

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraena, Y., Sufyadi, S., Maisura, R., Chodidjah, I., Takwin, B., Cahyadi, S., Felicia, N., Gazali, H., Wijayanti, M. A., Khoiri, H. M., Matakupan, S. J., Siantajani, Y., & Kurnianingsih, S. (2020). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila. In Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (1st ed.).

Anwar, R. (2018). Hambatan Komunikasi Antarbudaya di Kalangan Pelajar Asli Papua Dengan Siswa Pendatang di Kota Jayapura. Jurnal Common, 2(2), 139–149. https://doi.org/10.34010/common.v2i2.1190

Aryanto, S., Hartati, T., Maftuh, B., & Darmawan, D. (2022). Sastra Anak Berbasis Ecoprenuership Sebagai Muatan Pembelajaran Literasi Finansial Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 722–737. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2569

Barella, Y., Fergina, A., Achruh, A., & Hifza, H. (2023). Multikulturalisme dalam Pendidikan Islam: Membangun Kesadaran dan Toleransi dalam Keanekaragaman Budaya. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2028–2039. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.476

Choerunnisa, D. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum Merdeka Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama Kelas VII. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Darmansyah, A., Susanti, A., & Rahman, A. A. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Finansial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3630–3645. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6349

Fauziyah, Kusumaningtyas, B. R., & Kencono, P. S. (2024). Pendidikan Karakter dan Pembangunan Desa Berkelanjutan: Mendukung Agenda SDGs Melalui Penanaman Nilai-Nilai Pancasila. Journal of Community Development, 5(2), 232–240.

Fuaody, C. N., Anggraeni, I., Maulidia, L., & Nugraha, R. G. (2024). Analisis Pengaruh Digital terhadap Komunisasi Sosial Anak dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal Basicedu, 8(1), 327–337. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7008

Habsy, B. A., Lailah, A., Damayanti, A., Asy’ari, A. H., Fitrianti, L. I., Saputri, M. A., Asy, S., & Alifah, S. (2024). Urgensi Mempertahankan Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Identitas Manusia Indonesia di Revolusi Industri 5.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 4956–4972. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13153

Hamdani, A. D., Nurhafsah, N., & Silvia, S. (2022). Inovasi Pendidikan Karakter Dalam Menciptakan Generasi Emas 2045. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(3), 170. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i3.7291

Huda, M. M., Maftuh, B., & William, N. (2023). Urgensi Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Sebagai Upaya Pencegahan Konflik Sosial Sejak Dini. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 1015–1022. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5576

Indonesia, T. C. (2023). Siswi TK Diduga Diperkosa Tiga Anak Usia 8 Tahun di Mojokerto. CNN Indonesia.

Juniarti, I. G., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai yang Terdapat Pada Sila Kedua Pancasila Terhadap Kehidupan Bangsa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7273–7277. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2139

Kemendikbud Ristek. (2022). Rencana Strategis Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Tahun 2020-2024. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khairunnisah, & Fitriyani, A. L. (2023). Bonus Demografi dan Visi Indonesia Emas 2045. Badan Pusat Statistik: DATAin, 1–12.

Mansir, F., & Kian, L. (2021). Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Agama Islam Dalam Konteks Kehidupan Beragama. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 4(3), 250–263. https://doi.org/10.37329/kamaya.v4i3.1357

Mawadda, M., Supriadi, U., Anwar, S., & Abbas, H. M. (2023). Tolerance Learning in Islamic Religious and Character Education Textbooks. Analisa: Journal of Social Science and Religion, 8(1), 51–66. https://doi.org/10.18784/analisa.v8i1.1901

Mawadha, P. R., Alfiana, R., Yulifianti, R., Sr, R., & Mahendra, T. (2024). Kontribusi Nilai-Nilai Pancasila sebagai Landasan dalam Membangun Nilai Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Journal on E, 06(03), 16513–16520. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i3.5533

Microsoft. (2020). Civility, Safety & Interaction Online February 2020. February, 1–50.

Nisa, K., Amanda, N., & Pribadi, R. A. (2023). Kolaborasi Pendidik dan Peserta Didik dalam Mewujudkan Digitalisasi dan Penguasaan Teknologi Pada Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 7(3), 1433–1445. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5383

Nugraha, O. B., Frinaldi, A., & Syamsir. (2023). Pergantian Kurikulum Pendidikan Ke Kurikulum Merdeka Belajar dan Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 390–404.

Nurjannah, N. (2018). Psikologi Spiritual Zakat Dan Sedekah. Istinbath, 17(1), 179–197. https://doi.org/10.20414/ijhi.v17i1.40

Nurul Hidayati, Achmad Yusuf, Moch. Nasir, & Askhabul kirom. (2023). Relevansi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan Dimensi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 51–59. https://doi.org/10.59373/academicus.v2i2.22

Rachmaningtyas, F., & Widyana, R. (2024). Pelatihan Goal Setting untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 5(1), 56–64. https://doi.org/https://doi.org/10.33292/mayadani.v5i1.164

Ridwan, T., & Nasrulloh, I. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kritis Siswa Sekolah Dasar. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(2), 466. https://doi.org/10.29210/020221520

Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak - Anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 - 7 Tahun). Didakta: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89–100. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.71

Sapitri, A., & Maryati, M. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Revitalisasi Pendidikan Karakter. Al-Afkar: Journal for Islamic Studies, 5(1), 252–266.

Shabatini, D. N., Sholeh Hidayat, Ujang Jamaludin, & Suroso Mukti Leksono. (2023). Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dalam Penanaman Nilai-Nilai Multikultural Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 964–973. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5325

Sidabutar, Y. A. (2021). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5379–5385. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1658

Sidik, F. (2016). Guru Berkualitas Untuk Sumber Daya Manusia Berkualitas. Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 109–114.

Sitanggang, N. G., Mayangsari, M. D., & Zwagery, R. V. (2018). the Relationship Between Goal Setting and Achievement Motivation in Students of Smk Negeri 1 Martapura. Jurnal Kognisia, 1(1), 17–22.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sofia Yustiyani Suryandari (ed.)). Alfabeta.

Sukma, W. H., Saraswati, N. I., & Setiawati, N. (2022). Penanaman Karakter Disiplin Pada Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Citizen : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(1), 56–62. https://doi.org/10.53866/jimi.v2i1.32

Sya’ban, B. M., Anwar, S., & Romli, U. (2024). Muatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Buku Ajar PAI Kelas 4-6 Sekolah Dasar. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 415–428. https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i2.14027

Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021). Aksiologi Kemampuan Berpikir Kritis (Kajian Tentang Manfaat dari Kemampuan Berpikir Kritis). Journal of Science and Social Research, 4(3), 320. https://doi.org/10.54314/jssr.v4i3.682

Wahyudin. (2023). Menumbuhkan Sikap Moderat Siswa Dalam Beragama Melalui Pembelajaran PAI. Fikrah: Journal of Islamic Education, 7(1), 104–120.

Wahyudin, D., Subkhan, E., Malik, A., Hakim, M. A., Sudiapermana, E., LeliAlhapip, M., Nur Rofika Ayu Shinta Amalia, L. S., Ali, N. B. V., & Krisna, F. N. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. In Kemendikbud.

Wardah, F. (2023). Setara Institute: Jumlah Pelajar yang Intoleran Aktif Meningkat, 83% Nilai Pancasila Bisa Diganti. VOA Indonesia.

Wartoyo. (2020). Filsafat dan Ideologi Pancasila: Teori Kajian dan Isu Kontemporer (Sutoyo (ed.)). UNISRI Press.

Yonanda, D. A., Haryanti, Y. D., Kurino, Y. D., Rosidah, A., & Sofiasyari, I. (2023). Local Wisdom-Based Pictorial Teaching Materials: A Strategy for Boosting Ecoliteracy in Elementary School Students. Profesi Pendidikan Dasar, 98–113. https://doi.org/10.23917/ppd.v10i2.4752

Zuchri Abdussamad. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. In CV. Syakir Media Press (Vol. 4, Issue 1).

Zulfida, S. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Buku Ajar (Issue 112). Sulur Pustaka.

Downloads

Abstract Views : 79
Downloads Count: 44

Published

2024-12-31

How to Cite

Tanjung, F. S., Anwar, S., & Nugraha, R. H. (2024). Integration of Profil Pelajar Pancasila in Islamic Religious Education Textbooks for Elementary School. Jurnal Elementaria Edukasia, 7(4), 3309–3324. https://doi.org/10.31949/jee.v7i4.12017

Issue

Section

Articles