Analysis Of Fifth Grade Students' Creative Thinking Skills Through The Implementation Of Radec Learning
DOI:
https://doi.org/10.31949/jee.v7i3.10445Abstract
Level tertinggi dalam kompetensi kognitif bermakna siswa mampu membuat karya dengan menggunakan kreatifitas yang dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang keterampilan berpikir kreatif siswa selama proses pembelajaran dengan menerapkan model RADEC. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi partisipan, wawancara terstruktur, dan catatan lapangan, serta analisis data menggunakan model Spradley. Hasil penelitian ini menunjukkan kegiatan siswa dalam membangun ide, tetapi hanya 50% dari jumlah siswa memiliki kelancaran dan memberi penjelasan mendalam dalam memunculkan ide baru. Kendala yang dialami siswa selama pembelajaran adalah mensintesa konsep karena membutuhkan waktu yang cukup. Sehingga dapat disimpulkan kemampuan berpikir kreatif siswa dapat berkembang dengan berbagai kegiatan meliputi: membaca materi, analisis materi melalui tugas, diskusi untuk berbagi ide, dan membuat karya dari hasil membangun ide baru. Semua kegiatan tersebut ada pada model pembelajaran RADEC tetapi jika dilaksanakan secara daring memerlukan waktu yang cukup hingga siswa mampu membangun ide baru.