PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA SUB INDUSTRI PROCESSED FOODS

Penulis

  • Adinda Rizki Ramadhiani Universitas Dian Nuswantoro
  • Hermawan Triono Universitas Dian Nuswantoro, Semarang, 50131, Indonesia
  • Yulita Setiawanta Universitas Dian Nuswantoro, Semarang, 50131, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jaksi.v5i2.9631

Abstrak

Harga saham di pasar modal mengalami fluktuasi yang berubah-ubah, Kondisi pasar saham
atau performa saham di bursa efek dapat dilihat melalui Indeks Harga Saham Gabungan
(IHSG), dimana investor dapat memantau pergerakan harga saham. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui profitabilitas , leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai peusahaan. Penelitian
memakai metodologi kuantitatif, memanfaatkan teknik analisis statistik untuk menguji dan
mengevaluasi hipotesis yang diberikan. Populasi pada penelitian ini ada perusahaan sub industry
processed foods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel yang dikumpulkan 22 perusahaan
industri makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2020-2022. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan,
leverage berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh
signifikan terhadap nilai perusahaan.

Kata Kunci:

Leverage, Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Abstract Views : 30
Downloads Count: 45

Diterbitkan

2024-06-30