Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi Dan Pemahaman Akuntansi Pengaruhnya Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Koperasi Di Kabupaten Majalengka.

  • Wulan Riyadi

Abstract

 

Koperasi dipandang sebagai lambang untuk menjalankan suatu kegiatan usaha yang diperlukan oleh masyarakat. Kegiatan usaha tersebut dapat berupa pelayanan kebutuhan keuangan atau perkreditan, kegiatan pemasaran atau kegiatan lainnya. Faktor yang dapat mendorong koperasi menjadi lebih baik yaitu dengan kualitas laporan keuangan yang baik. Kualitas laporan keuangan adalah sejauh mana laporan keuangan yang disajikan menunjukan informasi yang benar dan jujur. Kualitas laporan keuangan berguna sebagai dasar pengambilan keputusan ekonomi bagi pihak yang berkepentingan. Berdasarkan analisa peneliti, kurangnya sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi dalam membuat laporan keuangan yang berkualitas disebabkan ketidaksesuaian jenjang pendidikan. Sumberdaya manusia yang dilibatkan dalam pembuatan laporan keuangan harus yang memiliki keahlian dalam bidang akuntansi sehingga dapat menyajikan laporan keuangan yang berkualitas.

      Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah koperasi yang ada di Kabupaten Majalengka. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dimana teknik pengambilan sampel dengan kriteria-kriteria tertentu. Dari kriteria yang telah ditentukan koperasi yang memenuhi kriteria sebanyak 60 koperasi dengan jumlah responden sebanyak 120 orang responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan uji F melalui program SPSS Versi 21.0 for Windows.

      Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan sistem informasi akuntansi berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan. Pemahaman akuntansi berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan. Pemanfaatan sistem informasi, pemahaman akuntansi berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan.

Published
2020-08-26
Section
Articles