VOLUME PENJUALAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PENGARUH LABA BERSIH DENGAN BIAYA PROMOSI

Authors

  • YOGI GINANJAR

DOI:

https://doi.org/10.31949/j-aksi.v1i1.179

Keywords:

laba bersih, biaya promosi, volume penjualan, variabel moderasi

Abstract

Semakin banyaknya pesaing dalam dunia usaha, maka produsen harus giat melakukan kegiatan promosi yang paling efektif. Namun biaya promosi itu tidaklah sedikit sehingga produsen harus mengetahui sejauh mana biaya promosi berpengaruh terhadap peningkatan laba bersih perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya promosi terhadap laba bersih dengan menggunakan volume penjualan sebagai variabel moderasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2017.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan verifikatif. Sampel penelitiannya yaitu 45 perusahaan manufaktur dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biaya promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih. Selain itu, didapatkan juga hasil penelitian bahwa volume penjualan merupakan variabel moderasi, yaitu volume penjualan memoderasi hubungan pengaruh antara biaya promosi terhadap laba bersih.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

YOGI GINANJAR

 

 

Downloads

Published

2020-02-01