PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, UKURAN PERUSAHAAN DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP EARNINGS RESPONSE COEFFICIENT

(Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019)

Authors

  • Robi Maulana M Universitas Majalengka
  • Resa Rosliani Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/j-aksi.v2i2.1616

Abstract

Kualitas laba penting bagi investor yang menggunakan laporan keuangan untuk tujuan kontrak dan pengambilan keputusan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan secara empiris pengaruh corporate social responsibility, ukuran perusahaan dan struktur modal terhadap earnings response coefficient. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016-2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dan verifikatif. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan sampel dari penelitian ini adalah sebanyak 27 perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap Earnings Response Coefficient. Ukuran perusahaan berpengaruh negative terhadap Earnings Response Coefficient. Struktur modal tidak berpengaruh terhadap Earnings Response Coefficient.

Keywords:

corporate social responsibility, ukuran perusahaan, struktur modal, earnings response coefficient

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 319
Downloads Count: 374

Published

2021-10-28