PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN KOSMETIK YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2014-2018
DOI:
https://doi.org/10.31949/j-aksi.v2i1.1008Abstract
Struktur modal merupakan salah satu tolak ukur untuk menilai bagaimana baik buruknya suatu perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memberikan bukti empiris tentang bagaimana pengaruh ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap struktur modal. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari laporan tahunan perusahaan kosmetik yang terdaftar di BEI Tahun 2014-2018.
Teknik analisis deskritip dan verifikatif. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sampel yang digunakan 6 perusahaan dari 30 data laporan keuangan perusahaan kosmetik tahun 2014–2018. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap struktur modal pada perusahaan kosmetik yang terdaftar di BEI Tahun 2014-2018 baik secara parsial maupun simultan.