Analisis Pengendalian Kualitas Pada Unit SV-521 Di PT. XYZ Menggunakan Metode Fault Tree Analysis

Indonesia

Authors

  • Zein Rizkie Nurfatha Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/jensitec.v9i02.3541

Abstract

Setiap perusahaan pada aktivitas produksinya akan selalu berusaha untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Namun, di dalam proses produksinya masih terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas produk, salah satu faktornya yaitu adanya defect pada produk yang diproduksi, oleh karena itu perusahaan memerlukan pengendalian kualitas yang berguna untuk meminimalisir atau mencegah terjadinya pada proses produksi sehingga dapat mencapai standar kualitas sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis akar penyebab masalah terjadinya defect pada saat proses produksi sehingga dapat memberikan usulan perbaikan kepada perusahaan. Metode yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode fault tree analysis (FTA) untuk mencari akar penyebab masalah dengan kombinasi aljabar boolean dalam menentukan minimal cut set. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu pada saat proses produksi terdapat 10 jenis defect selama tahun 2021 dengan tiga jenis defect yang paling dominan yang didapatkan dari pengolahan data menggunakan diagram pareto, hasil analisis menggunakan FTA didapatkan tujuh akar penyebab masalah dan enam usulan perbaikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriyanto, A. & Putri, Y. E. A., 2021. Analisis Penyebab Kegagalan Pengiriman Barang Project 247 atau Jenis SXQ Pada Divisi Operation Airfreight PT. Cipta Krida Bahari Dengan Metode Failure Mode And Effect Analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysis (FTA). Jurnal Logistik Bisnis, pp. 7-13.

Nursubiyantoro, E. & Setiawan, D. A., 2018. Penerapan six sigma untuk penanganan pengendalian kualitas produk. Jurnal Optimasi Sistem Industri, pp. 78-84.

Octavia, M. & Sunday, N., 2019. Penerapan Metode Six Sigma Untuk Mengurangi Jumlah Produk Cacat Pada Proses Produksi Di PT. Rukun Citra Abadi. Sektrum Industri, pp. 191-202.

Setiyawan, D. T., Sudjito, S. & Rudy, S., 2013. Minimasi Waste Untuk Perbaikan Proses Produksi Kantong Kemasan Dengan Pendekatan Lean Manufacturing. JEMIS, pp. 8-13.

Syahabuddin, A. & Zulziar, M., 2021. Analisis Defect Produk Viro Core Collection Dengan Metode Fault Tree Analysis, Analisis Faktor dan Perbandingan. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, pp. 23-29.

Wisnubroto, P. & Rukmana, A., 2015. Pengendalian Kualitas Produk dengan Pendekatan Six Sigma dan Analisis Kaizen Serta New Seven Tools Sebagai Usaha Pengurangan Kecaccatan Produk. Jurnal Teknologi, pp. 65-74.

Downloads

Published

2023-05-10

How to Cite

Zein Rizkie Nurfatha. (2023). Analisis Pengendalian Kualitas Pada Unit SV-521 Di PT. XYZ Menggunakan Metode Fault Tree Analysis: Indonesia. J-ENSITEC (Journal of Engineering and Sustainable Technology), 9(02), 766–773. https://doi.org/10.31949/jensitec.v9i02.3541

Issue

Section

Articles