SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN SISWA BARU DI SD ISLAM HASANKA PALANGKARAYA BERBASIS WEB

Authors

  • Ika Windiarti Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Norjanah Siti
  • M. Haris Qamaruzzaman Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.31949/jensitec.v9i01.2775

Abstract

Dalam dunia pendidikan seperti sekolah mulai dari tingkat dasar hingga keperguruan tinggi pun dihadapkan dengan berbagai permasalahan dalam menjalankan suatu kegiatan. Mulai dari masalah kecil hingga ke masalah yang membutuh suatu ide yang dapat menyelesaikan permasalahan agar lebih efisien. Salah satu contoh permasalahan di setiap sekolah adalah sedang berlangsungnya penerimaan siswa baru yang dilakukan secara offline. Sering terjadi kesalahan seperti kesalahan nama karena tulisan setiap siswa berbeda-beda ataupun berkasnya terselip. Dengan adanya permasalahan seperti ini maka di adakannya penerimaan siswa secara online. Saat ini sudah banyak sekolah-sekolah di Indonesia yang menyelenggarakan penerimaan siswa baru secara online. Karena dengan manfaat dan kemudahan teknologi sekarang sudah berkembang dengan sangat pesat. Dengan adanya perkembangan teknologi dan informasi akan lebih memudahkan proses yang dilakukan secara online ini. Penerimaan  siswa baru online adalah produk layanan aplikasi perangkat lunak online yang real-time dan sepenuhnya berbasis web mobile.

Berdasarkan  beberapa hal yang sudah di diskusikan mengenai pendaftaran siswa baru tersebut, dalam  penelitian ini dirancanglah sistem informasi pendaftaran siswa baru online sekolah di SD Islam Hasanka Palangkaraya berbasis website sehingga diharapkan dapat membantu pihak sekolah dalam melakukan pemilihan  siswa dengan data yang telah di isi oleh peserta atau siswa yang mendaftarkan diri.

Perancangan sistem ini menggunakan metode UML(Unified Modelling Language) yang menjelaskan langka-langkah aliran data pada sistem informasi pendaftaran siswa baru  berbasis web ini. Dalam pembuatan website ini dirancang untuk memberikan beberapa informasi pendaftaran, persyaratan, dan juga jadwal menyerahkan berkas yang harus di antarkan. Dengan adanya sistem ini maka akan membantu para guru juga panitia pelaksana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Miarso, Y. (2004). MenyemaiBenihTeknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Norton, P., and Apargue, D. (2001). Technology for Teaching. Boston, USA: Allyn and Bacon.

Jurnal/Prosiding/Disertasi/Tesis/Skripsi

Arif Muchamad, Sari Eka Mala & Zain A. S (2018) Pengembangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web di SMA 1 Annuqayah Sumenep. Jurnal Ilmiah Eduti, 4(2), 53-62

Aritonang, Venansius. 2017. Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dengan PHP dan MySQL di SMKL Kolese Tiara Bangsa Batam. STMIK GICI.

Djaelangkara, R. T., Sengkey, R., & Lantang, O. A. (2015). Perancangan Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Web Studi Kasus Sekolah Menengah Atas Kristen 1 Tomohon. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 4(3), 86-94.

Habibie, F. H., Purnama, B. E., & Triyono, R. A. (2014). Pembangunan Sistem Informasi Penerimaan Calon Tenaga Kerja Secara Online Berbasis Web Pada Bursa Kerja Khusus Smk Ganesha Tama Boyolali. Jurnal TIK Provisi, 5(2).

Irawan, Y., Susanti, N., & Triyanto, W. A. (2016). Analisa dan perancangan sistem informasi sekolah berbasis website untuk penyampaian informasi sekolah dan media promosi kepada masyarakat. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 7(1), 257-262.

Muhammad, M. A., Wulansari, T. T., & Sari, N. W. W. (2021). APLIKASI PENERIMAAN SISWA BARU BERBASIS WEB PADA MADRASAH TSANAWIYAH AL-AZHAR SAMARINDA. SEMINASTIKA, 3(1), 91-98.

Munawar, 2018. Analis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML (Unified Modelling Language), INFORMATIKA, Bandung.

Muslihudin, Muhammad, Oktafianto. 2016. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Andi Offset. Yogyakarta.

Nasser, A. A., Arifudin, O., Barlian, U. C., & Sauri, S. (2021). Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 7(1), 100-109.

Nugraha, A. R., Pramukasari, G., & Sumaryana, Y. (2017). Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Web Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Tasikmalaya. Jurnal Manajemen Informatika (JUMIKA), 4(2).

Putri Deviana Lely, (2014), Perancangan Sistem Penerimaan Siswa Baru pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Pacitan.

Pratama, Muhammad Wahyu. IMPLEMENTASI DATABASE PADA ALAT CUCI TANGAN OTOMATIS. Diss. Politeknik Harapan Bersama Tegal, 2021.

Puspitasari, D. (2016). Sistem informasi perpustakaan sekolah berbasis web. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 12(2), 227-240.

Putra, H. S. (2018). E-COMMERCE JAKET DAN SWEATER PADA TOKO PINERYCABIN MALANG (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Nasional Malang).

Sidik, F., & Rahmawati, M. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru Berbasis Web Pada SMK Bina Putra Jakarta. Paradigma-Jurnal Komputer dan Informatika, 20(1), 119-128.

Downloads

Abstract Views : 459
Downloads Count: 296

Published

2022-12-05

How to Cite

Windiarti, I., Siti , N., & M. Haris Qamaruzzaman. (2022). SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN SISWA BARU DI SD ISLAM HASANKA PALANGKARAYA BERBASIS WEB. J-ENSITEC (Journal of Engineering and Sustainable Technology), 9(01), 756–759. https://doi.org/10.31949/jensitec.v9i01.2775