Efektivitas Program Student Creativity dalam Membentuk Karakter Islami Siswa SMP Muhammadiyah 1 Medan
DOI:
https://doi.org/10.31949/ijie.v2i2.10742Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitasan program kreativitas siswa dalam membentuk karakter Islami siswa, yang dilatarbelakangi oleh fenomena terjadinya kemerosotan karakter peserta didik yang disebabkan oleh lemahnya pendidikan karakter yang ada dalam diri mereka. Perlu adanya upaya lembaga pendidikan untuk membentuk program pembiasaan yang nantinya berguna untuk menunjang dan memperbaiki kemerosotan karakter yang terjadi pada peserta didik. Maka dari itu SMP Muhammadiyah 1 Medan membentuk program student creativity sebagai wadah yang mengakomodir pembentukan karakter dalam diri siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat ternyata program student creativity terbukti efektif dalam membentuk karakter Islami siswa, dapat dilihat dari banyaknya prestasi yang diraih di setiap perlombaan dan kejuaraan, terbentuknya nilai-nilai karakter siswa seperti kreatif, religius dan memiliki sikap yang baik kepada teman sebaya, dan juga memiliki tutur kata yang baik.
Downloads
References
Afifatu, R. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Simulation & Games, 9(1), 15–32. https://doi.org/10.1177/003755007200300206
Feny, R. F., Mohammad, W., Sri, J., Leli, H., Sri, W., Erland, M., Jonata, Imam, M., Nur, H., Anita, M., Kumayra, A., Resty, N., Nuryami, & Lukman, W. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin. PT Global Eksekutif Teknologi. https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en
Juriah, R., Sugiatno, Abdul, S., & Deri, W. (2020). Pendididkan Karakter Di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Administrasi dan Manajemen Pendidikan Hotel Remcy. LP2 IAIN Curup. file:///C:/Users/Easy/Downloads/6121-14535-1-PB.pdf
Matthew, B. M., A, M. H., & Johnny, S. (2014). Qualitive Data Analysis: a Method Sourcebook (Third). SAGE Publications, Inc. https://books.google.co.id/books?id=p0wXBAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Maulida, Ali, I. S., & Wahyuddin, N. N. (2019). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Pembentukan Karakter Islami Siswa SMA Negeri 1 Model Tanjung Pura Kabupaten Langkat. Repository Uinsu, 3(1), 102–120. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/6339
Miftah, K. D. (2020). Pembentukan Karakter Islami Melalui Budaya Religius (Studi Kasus di MI Al Huda Kedonglo Ngronggot Nganjuk). Akademika, 14(2), 123–132.
Ningsih, T. (2021). Pendidikan Karakter (Teori dan Praktik). In Cetakan 1. Rumah Kreatif Wadas Kelir.
Nurhayati, S., Hermawan, I., & Farida, N. A. (2023). Meningkatkan Karakter Islami Siswa Melalui Program Tahfidz Qur’an Di Lembaga Pendidikan. Hijri: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keislaman, 12(1), 64–70. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/hijri
Rahmat, H., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep, Teori dan Aplikasinya. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20, 49 (2003). https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf
Sugiyono. (2013). Metode Peneliitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta CV.
Suryani, L., Anwar, K., & Majir, A. (2022). Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik melalui Program Pembinaan Pribadi Islami. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1220–1226. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i4.549
Zubaedi, M. A. (2017). Desain Pendidikan Karakter, konsepsi dan aplikasinya. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. KENCANA. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf