Pengaruh E-Promotion, Kelompok Referensi, dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee

Authors

  • Andhifa Eka Putri Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Moh Agung Surianto Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i1.7737

Abstract

The purpose of this research is to find out how e-promotion, reference groups, and ease of use influence purchasing decisions on the shopee marketplace. This research is conducted using methods of quantitative research can be understood as methods used to research on a particular population or sample, data collection using research instruments, data analysis of a statistical nature, with the aim of testing the hypothesis that has been established. The sample in this study is 160 people who have used marketplace shopee. Sampling technique is purposive sampling. The research results show that there is an influence between e-promotion, reference groups have an influence on purchasing decisions, while ease has no influence on purchasing decisions in the shopee marketplace.

Keywords:

E-Promotion, Group of References, Facilities, Purchase Decisions

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiningrum, D., & Andjarwati, A. L. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Keamanan terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 896–906. https://doi.org/10.26740/jim.v9n3.p896-906

Agustiningsih, D., & Purwanto (2023) Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan E-Promotion Terhadap Keputusan Berkunjung (Studi Empiris Pada Tempat Wisata Magetan Park Di Kabupaten Magetan). Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (SIMBA) 5. 2686 - 1771

Amirullah, A., Zulkarnain, M., & Astuti, Y. (2021). Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Iphone. Jurnal Ekonomi Perjuangan, 2(1), 76–83. https://doi.org/10.36423/jumper.v2i1.645

Azizah, N., & Kusnanto, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan E-Promotion terhadap Keputusan Pembelian pada Outlet Cafe Eat Toast di Indramayu. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(1), 367. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.730

Citaningtyas, D., Kadi, A., Purwanto, H., & Ramadani, L. D. (2021). Pengaruh E ‐ Promotion , E ‐ WOM dan lokasi terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian sebagai variabel intervening Pendahuluan. 5(2), 224–238.

Efendi, B., Nurhayati, E. C., & Hidayatullah, M. F. (2022). TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TRAVELOKA ( Studi Kasus Pada Konsumen Traveloka Di Kabupaten Wonosobo ) Pendahuluan Keputusan pembelian merupakan suatu tindakan oleh konsumen untuk membeli atau tidak membeli suatu produk maupun jasa yang didalamnya terd. 6(2), 104–115.

Faidah, E. N., & Harti. (2021). Pengaruh Intensitas Browsing Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Pembersih Wajah (Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1167–1173.

Firmansyah, F., & Jarror, A. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo. Manajerial, 8(03), 247. https://doi.org/10.30587/manajerial.v8i03.2547

Gunarsih, C. M., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. 2(1), 69–72.

Hair J.F., 2010.Multivariate Data Analysis.Seventh Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Handayani, A., Aufa, M., Rahmi, V. A., & Vilantika, E. (2021). Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsi Edisi Revisi 2021. Universitas Muhammadiyah Gresik.

Indraswara, A. P., & Surianto, M. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap keputusan Pembelian Shopee Food (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMG 2019-2019). Jurnal Ilmiah Research and Development Student (JIS), 1(2), 163–177.

Istanti, F. (2017). Pengaruh Harga, Kepercayaan, Kemudahan Berbelanjadane-Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Onlinedi Kota Surabaya. Administrasi Bisnis, 1–10. www.marketer.com

Jogiyanto, 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsipPemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga.

Marlius, D. (2022). Pengaruh Merek , Harga , Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pembelian Smartphone Oppo pada Rindo Cell di Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan ). 1.

Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43–53. https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i1.1528

Oktavani, F., & Simatupang, L. N. (2020). Pengaruh Harga, E-Promosi Dan Kepercayaan, Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Aplikasi Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Satya Negara Indonesia Kampus A). Jurnal Manajemen, 4(2), 26–36. https://doi.org/10.54964/manajemen.v4i2.139

Pramudita, A. S., & Agustia, R. E. (2020). E-Service Quality dan E-Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Website Traveloka.com. Competitive, 15(2), 106–114. https://doi.org/10.36618/competitive.v15i2.961

Prakoso, S. B. (2014). Analisis Pengaruh E-Promotion, Brand Image, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Buck Store Semarang. In Universitas Diponegoro Semarang. https://core.ac.uk/download/pdf/76921066.pdf

Putra, F. A. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Iphone (Studi Pada Konsumen iPhone di Universitas Brawijaya). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Rahayu, Imam Sugih. (2015). Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Dengan Menggunakan Kerangka Technology Acceptance Model (TAM) (Studi Kasus PT Bank Syariah Mandiri Cabang Yogyakarta). Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, Vol. V, No. 2, 137-150.

Salsabila, H. Z., Susanto, S., & Hutami, L. T. H. (2021). Pengaruh Persepsi Risiko, Manfaat Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(1), 87–96. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i1.442

Sari, N. E., & Oswari, T. (2020). Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan, Dan Keamanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Pada Toko Online Tokopedia. Creative Research Management Journal, 3(2), 34. https://doi.org/10.32663/crmj.v3i2.1550

Sumarwan, Ujang. 2014. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet Implikasinya pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Graha Ilmu

Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia di Jakarta. Manajemen Pemasaran, 9(021), 113–123.

Tjiptono Fandy,2001.Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset.Yogyakarta.

Turban, E., King, D., Lee, J. K., Liang, T.-P., & Turban, D. C. (2015). Electronic Commerce - A Managerial and Social Perspective. Switzerland: Springer International Publishing. http://www.springer.com/gp/book/9783319100906

Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). kelompok Referensih. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 12. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Yusuf, A. (2021). The Influence of Product Innovation and Brand Image on Customer Purchase Decision on Oppo Smartphone Products in South Tangerang City. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal, 2(1), 472–481.

Downloads

Abstract Views : 580
Downloads Count: 408

Published

2024-01-06

How to Cite

Andhifa Eka Putri, & Surianto, M. A. (2024). Pengaruh E-Promotion, Kelompok Referensi, dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 73–88. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i1.7737

Issue

Section

Articles