Pengaruh Harga, Citra Merek Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Gudang Garam Surya 12 (Studi Pada Konsumen Di Kabupaten Gresik)

Authors

  • Mohammad Mashudy Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Moh Agung Surianto Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i1.7725

Abstract

The goal of this study was to determine the impact of price, brand image, and reference groups on Gudang Garam Surya 12 cigarette purchasing decisions in Gresik Regency. In this study's analysis, the following tests are used: the t test (partial), the F test (simultaneous), the normality test, the multicollinearity test, the heteroscedasticity test, the multiple linear regression test, and the determination coefficient test (R2). In this study, questionnaire instruments were used to collect accurate data from 100 customers who bought Gudang Garam Surya 12 cigarettes in Gresik. SPSS is a testing application. The findings of the partial t test research indicate that price, brand image, and reference groups all significantly influence consumers' decisions to buy. According to the findings of the (simultaneous) F test inquiry, the Price, Brand Image, and Reference Group components all have an impact on Purchasing Decisions.

Keywords:

Price, Brand Image, Reference Group, Purchase Decision

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adaming, S. 2019. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Ponsel Iphone (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar).” Adaming, S. 2019. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Ponsel Iphone (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar).” Skripsi, Universitas Negeri Makassar.

Ahsan, D. S. 2020. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Yakult.”

Anon. 2019. “Indonesia Negara Dengan Jumlah Perokok Terbanyak Di ASEAN.” Databoks.

Azmi, N., and A. Yusuf. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Gudang Garam Signature.” Journal Of Management and Economics Research 36.

Chalil, R., D. 2020. Brand, Islamic Branding, & Re-Branding (1st Ed ). Depok: Rajawali Press.

Kartrika Sari, D. 2018. “Pengaruh Promosi, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rokok Gudang Garam Di Surakarta.” Journal of Business and Management 6.

Kotler, and Amstrong. 2014. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Ketiga, Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT Indeks.

Mothersbaugh, Hawkins. 2014. Consumer Behaviour (Building Marketing Strategy). Singapore.

Nitisastro, M. 2012. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Peter, J. Paul, and Jerry C. Olson. 2014. Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran. Jakarta.

Salsabila, Aprilia Naili, and Moh. Agung Surianto. 2023. “Pengaruh Promosi Penjualan, Merek, Harga, Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pengguna Shopeepay Di Kabupaten Gresik.” JMCBUS 1(No. 4):hlm. 2.

Sumarwan, Ujang. 2011. SPerilaku Konsumen: Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Ghaila Indonesia.

Suparman, L. 2022. “Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Berlabel Halal.” Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JEMBA) 71.

Susanto, D. M., and K. E. Cahyono. 2021. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Iphone (Studi Pada Mahasiswa Di Surabaya).” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM) 10(No. 1).

Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran. 3rd ed. Yogyakarta: ANDI.

Zabari, A. F. 2023. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian HP Iphone Di Gresik.” Universitas Muhammadiyah Gresik,.

Downloads

Abstract Views : 421
Downloads Count: 283

Published

2024-01-06

How to Cite

Mashudy, M., & Surianto, M. A. (2024). Pengaruh Harga, Citra Merek Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Gudang Garam Surya 12 (Studi Pada Konsumen Di Kabupaten Gresik). Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 47–60. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i1.7725

Issue

Section

Articles