Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Employee Engagement dan Relasi Sosial Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan
DOI:
https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v4i03.5686Abstract
The purpose of this study was to analyze the extent to which Transformational Leadership
and Employee Engagement affect Employee Job Satisfaction at Permata Kuningan
Hospital with Social Relation as a Moderating Variable. This research used a survey
method, with a quantitative descriptive analysis approach. The variables in this study are
Transformational Leadership and Employee Engagement (X), and job satisfaction (Y) as
the dependent variable. The population that will be used as research is Permata Kuningan
Employee, namely 120 people. Data were analyzed with Moderated Regression Analysis
using SPSS 22.0 for Windows.
Based on the results of data analysis, it was found that the Fcount value is greater than
Ftable with a significance value of less than 0.05, this means that Transformational
Leadership and Employee Engagement both affect Job Satisfaction, meaning that any
change in Job Satisfaction simultaneously strengthens and will lead to changes in Job
Satisfaction
Keywords:
Transformational Leadership, Employee Engagement, Social Relations and Job Satisfaction.Downloads
References
Ambar, dkk. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Aslam, dkk 2013 Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal EMBA,Vol.3,No.3, hal. 87
As'ad, Moh. 2004. Psikologi Industri, Seri Umum Sumber Daya Manusia.
Yogyakarta : Liberty.
Apriani & Hartoyo, 2012. Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja. Jurnal EMBA,Vol.5,No.3, hal. 187
Bangun,W.2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Erlangga. Jakarta
Arikunto,Suharsimi.2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:RinekaCipta.
Christian Katiandagho, SilvyaL. Mandey, dan Lisbeth Mananeke (2014),“Pengaruh Disiplin Kerja, Kepemimpinan, dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT. PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo Area Manado,”Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 5,No. 3, hal. 17-18.
Diah dan Eddy Madiono Sutanto (2015), “Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan,”Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan,Vol.17, No. 2,hal. 142
Davis 2009. kepuasan kerja merupakan seperangkat perasaan karyawan. Jakarta:Rineka Cipta
Fathoni,Abdurrahmat.2006.Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia.
Jakarta:Rineka Cipta.
Gibson,2000. Pekerjaan memerlukan relasi Jakarta:Rineka Cipta
George & Garcth, 1997. kepuasan kerja merupakan perasaan senang atau tidak senang. Yogyakarta : Liberty
Ghozali, Imam. 2010. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS.Semarang :Universitas Diponegoro.
Hani, Handoko.2008. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia.
Yogyakarta:BPFE.
Handoko (2001) kinerja adalah proses dimana organisasi mengevaluasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Harto, dkk, (2020) Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal IlmudanRiset Manajemen, Vol. 5, No. 3, hal.17-18
Hasibuan, Malayu S.P. 2013. Manajemen Sumber Daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan, Malayu S.P. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan, 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Hartatik, 2014, teori kepuasan kerja. Garamedia. Jakarta
Handoko, 2010. Manfaat kepuasan kerja. Puspita. Bandung
Hiskia Jonest Runtunuwu, Joyce Lapian, dan Lucky Dotulong (2015), “Pengaruh Disiplin, Penempatan, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Manado,” Jurnal EMBA,Vol.3,No.3, hal. 87.
Luthans, 2006) faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja. Jakarta: Bumi Aksara.
M. Syaiful Azwar dan Winarningsih (2016), “Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komunikasi, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan,” Jurnal IlmudanRiset Manajemen, Vol. 5, No. 3, hal.17-18
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung:Refika Aditama.
Mangkuprawira, Sjafri. 2007. Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia. Bogor:Ghalia Indonesia.
Mathis,R obertL dan Jackson John.2006. Manajemen Sumber Saya Manusia. Jakarta:Salemba Empat.
Mathis dan Jackson (2001), kepuasan kerja merupakan keadaan emosi yang positif. Bandung:Refika Aditama
Nur, 2013. Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai. EMBA,Vol. 4, No. 4, hal. 329-330.
Novi Idris dkk 2016. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal EMBA,Vol.5,No.7, hal. 65
Notoatmodjo, Soekidjo. 2009. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta:Rineka Cipta.
NovelisaP. Dkk (2016),“ Pengaruh Kompetensi, Motivasi, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT.Hasjrat Abadi Tendean Manado),”Jurnal EMBA,Vol. 4, No. 4, hal. 329-330.
Rao & Sridhar, 2003. Kepuasan kerja. Jakarta: Bumi Aksara
Riana, dkk (2015). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal EMBA,Vol.3,No.3, hal. 87.
Robins (2006). Manajemen Sumber Daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Robins (2014). Manajemen Sumber Daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara
Ridwan (2019) Pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja pegawai. Jurnal EMBA,Vol.5,No.3, hal. 90.
Sarwono, Jonathan. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sargent & Hannum, 2005. hasil dari persepsi. Jakarta: Bumi Aksara
Sedarmayanti, (2001) kepuasan kerja yang memadai Jakarta: Bumi Aksara
SE dkk, (2015) Pengaruh Employee Engagement Terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal EMBA,Vol.3,No.10, hal. 11.
Siagian, Sondang P. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: BumiAksara
Simamora, Henry. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: YKPN.
Sugiyono.2012.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabet
Sutrisno,Edy.2014.Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana
Widjaja, dkk. 2015. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal EMBA,Vol.9,No.23, hal. 117
Wayan & Riana, 2015) menyatakan bahwa kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja
Yenny dkk. 2013. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal EMBA,Vol.2,No.3, hal. 16.
Y Anggraeni, dkk, (2013) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kepuasan Kerja
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Demi Paranita Rustandi, Lili Karmela Fitriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
COPYRIGHT NOTICE
An author who publishes in the Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan agrees to the following terms:
1. Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
2. The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work