Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/pb.v2i01.8838Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas LKPD berbasis Project Based Learning untuk meningkatkan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penilitian ini adalah Pre-Experimental Design dalam bentuk One Group Pretest Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Umum SMA Plus At-Tadzkir berjumlah 86 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan subyek penelitian 20 siswa. Instrumen penelitian terdiri atas tes, lembar observasi, dan angket. Data penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif kemudian ditafsirkan dan dimaknai sesuai temuan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai N-Gain keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 0,73 yang berkriteria peningkatan tinggi. Aktivitas siswa dalam pembelajaran diperoleh dari data observer dengan masing-masing respon siswa dalam setiap tahap pembelajaran berorientasi pada kriteria sangat baik. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan LKPD berbasis Project Based Learning diperoleh nilai persentase sebesar 88,35% dengan kriteria sangat kuat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Project Based Learning efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Kata Kunci:
project-based learning, Keterampilan berpikir kritisUnduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Siti Evi Samrotu Supiati, Vitta Yaumul Hikmawati, Yeni Suryaningsih

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.