Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan E-Modul Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Pada Materi Pencemaran Lingkungan

Penulis

  • Junedi Universitas Majalengka
  • Ipin Aripin Universitas Majalengka
  • Yeni Suryaningsih Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/pb.v2i01.8721

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pembelajaran yang masih bersifat monoton dan rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan e-modul untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMA pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan design one-group pretest-postest design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Terisi Indramayu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling yaitu dengan memberikan penilaian sendiri terhadap sampel. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang berjumlah masing-masing 37 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah sebanyak 10 butir essay, lembar observasi siswa, dan lembar angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat data dengan program software aplikasi SPSS versi 26.

Kata Kunci:

Problem based learning, e-modul, pemecahan masalah

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Abstract Views : 258
Downloads Count: 228

Diterbitkan

2024-02-13

Cara Mengutip

Junedi, Ipin Aripin, & Yeni Suryaningsih. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan E-Modul Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Pada Materi Pencemaran Lingkungan. PEDAGOGI BIOLOGI, 2(01), 10–16. https://doi.org/10.31949/pb.v2i01.8721

Terbitan

Bagian

Articles