Pengukuran Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Aplikasi Quizizz Pada Materi Sistem Ekskresi Di SMPN Satu Atap 2 Losarang

Penulis

  • Karlina Universitas Wiralodra
  • Nur Subkhi Universitas Wiralodra
  • Dwi Fauzi Rahman Universitas Wiralodra
  • Anili Ratnasari Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31949/pb.v2i01.7639

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi memicu perkembangan jaman yang sangat cepat, dengan demikian pola pembelajaran harus melakukan pembaruan seiring dengan dinamika perubahan tersebut. Aplikasi Quizizz merupakan salah satu solusi dari penilaian berbasis teknologi yang penggunaannya sangat mudah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi penggunaan aplikasi Quizizz sebagai alat evaluasi keterampilan proses sains di SMPN Satu Atap 2 Losarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan sample berjumlah 26 siswa kelas VIII. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, soal tes keterampilan proses sains, dan lembar angket. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: implementasi Quizizz dalam pembelajaran tergolong sangat baik, 2) capaian keterampilan proses sains siswa SMPN Satu Atap 2 Losarang masih termasuk kategori rendah, dan 3) respon siswa terhadap penggunaan aplikasi Quizizz sebagai alat evaluasi pembelajaran termasuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Quizizz dalam pembelajaran IPA dapat dijadikan sebagai solusi untuk mendukung pembelajaran dan evaluasi yang efektif dan menyenangkan bagi siswa

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Abstract Views : 114
Downloads Count: 106

Diterbitkan

2024-02-16

Cara Mengutip

Karlina, Nur Subkhi, Dwi Fauzi Rahman, & Anili Ratnasari. (2024). Pengukuran Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Aplikasi Quizizz Pada Materi Sistem Ekskresi Di SMPN Satu Atap 2 Losarang. PEDAGOGI BIOLOGI, 2(01), 17–22. https://doi.org/10.31949/pb.v2i01.7639

Terbitan

Bagian

Articles