Pengembangan Soal-Soal Pilihan Ganda Beralasan Menggunakan Google Form Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Pada Konsep Sistem Pencernaan Pada Manusia
DOI:
https://doi.org/10.31949/pb.v1i02.6354Abstrak
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki peserta didik untuk dapat bersaing di abad 21. Keterampilan berpikir kritis siswa dapat dikembangkan melalui pembelajaran serta alat evaluasi keterampilan berpikir kritis yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan soal-soal biologi jenis pilihan ganda beralasan pada konsep sistem pencernaan manusia yang telah dianalisis secara logis dan empiris serta mengetahui efektivitas soal-soal tersebut untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu mengacu pada pendekatan penelitian pengembangan yang dimodifikasi oleh Sukmadinata dkk dari sepuluh langkah penelitian dan pengembangan dari Gall dan Borg. Penelitian ini dilaksanakan dalam beberapa tahapan, yang meliputi penentuan tujuan penelitian, penyusunan kisi-kisi soal, pembuatan draf soal, uji validasi ahli, uji coba terbatas, uji coba lapangan I dan uji coba lapangan 2, hasil dari uji coba lapangan 2 itulah didapatkan soal produk. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII di SMAN 1 Majalengka dan SMAIT Ar-Rahman. Penelitian ini mengambil sampel secara acak. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas XII IPA 1 SMAN 1 Majalengka berjumlah 10 siswa, XII-B SMAIT Ar-Rahman berjumlah 14 siswa, dan XII-A SMAIT Ar-Rahman berjumlah 15 siswa. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan software ANATES pada uji coba terbatas menghasilkan soal valid sebanyak 21 soal, pada uji coba lapangan 1 menghasilkan 11 soal yang valid, pada uji coba lapangan 2 menghasilkan 7 soal yang valid dengan konsistensi realibilitas tes keseluruhan sebesar 0,67 (tinggi). Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa produk tes kemampuan berpikir kritis yang telah dikembangkan memiliki keandalan yang baik dan dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep sistem pencernaan pada manusia untuk tingkat SMA.