Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA di SMPIT Sabilul Huda Kota Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.31949/pb.v2i01.10734Abstrak
Pandemi COVID-19 menyebabkan learning loss numerasi pada siswa kelas VIII di SMP IT Sabilul Huda Kota Cirebon. Tujuan dalam penelitian Tindakan kelas ini adalah untuk menganalisis implementasi pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA di SMPIT Sabilul Huda Kota Cirebon. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan secara kolaboratif melibatkan teman sejawat. Prosedur utama penelitian tindakan kelas berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, review, test pada setiap akhir siklus dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model alur, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Implementasi pembelajaran berbasis masalah (problem based learning/PBL) dengan langkah-langkah (1) pengenalan masalah kepada peserta didik, (2) identifikasi masalah, (3) pengumpulan data, (4) pengolahan data, (5) pembuktian, (6) menarik kesimpulan dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa SMP kelas VIII pada materi getaran dan gelombang.
Kata Kunci:
Problem Based Learning, Numeracy Literacy, Classroom Action ResearchUnduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ajeng Mudaningrat, Eka Nurrohmah Khumairoh, Muhammad Imam Badruttamam

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.