Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan E-Modul Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Pada Materi Pencemaran Lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.31949/pb.v2i01.8721Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pembelajaran yang masih bersifat monoton dan rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan e-modul untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMA pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan design one-group pretest-postest design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Terisi Indramayu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling yaitu dengan memberikan penilaian sendiri terhadap sampel. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang berjumlah masing-masing 37 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah sebanyak 10 butir essay, lembar observasi siswa, dan lembar angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat data dengan program software aplikasi SPSS versi 26.
Keywords:
Problem based learning, e-modul, pemecahan masalahDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Junedi, Ipin Aripin, Yeni Suryaningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.