Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA di SMPIT Sabilul Huda Kota Cirebon

Authors

  • Ajeng Mudaningrat Universitas Negeri Semarang
  • Eka Nurrohmah Khumairoh Universitas Negeri Semarang
  • Muhammad Imam Badruttamam Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31949/pb.v2i01.10734

Abstract

Pandemi COVID-19 menyebabkan learning loss numerasi pada siswa kelas VIII di SMP IT Sabilul Huda Kota Cirebon. Tujuan dalam penelitian Tindakan kelas ini adalah untuk menganalisis implementasi pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA di SMPIT Sabilul Huda Kota Cirebon. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan secara kolaboratif melibatkan teman sejawat. Prosedur utama penelitian tindakan kelas berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, review, test pada setiap akhir siklus dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model alur, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Implementasi pembelajaran berbasis masalah (problem based learning/PBL) dengan langkah-langkah (1) pengenalan masalah kepada peserta didik, (2) identifikasi masalah, (3) pengumpulan data, (4) pengolahan data, (5) pembuktian, (6) menarik kesimpulan dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa SMP kelas VIII pada materi getaran dan gelombang.

Keywords:

Problem Based Learning, Numeracy Literacy, Classroom Action Research

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 102
Downloads Count: 52

Published

2024-02-26

How to Cite

Mudaningrat, A., Khumairoh, E. N., & Badruttamam, M. I. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA di SMPIT Sabilul Huda Kota Cirebon. PEDAGOGI BIOLOGI, 2(01), 31–38. https://doi.org/10.31949/pb.v2i01.10734