PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE MEET SEBAGAI PENUNJANG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR BAGI GURU SEKOLAH DASAR NEGERI 170 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v2i2.962Abstrak
Indonesia saat ini sedang menghadapi situasi pandemi Covid-19 Pada Tahapan New Normal. Mengakibatkan perubahan proses kegiatan pendidikan, pendidikan yang bersifat konvensional diubah menjadi pendidikan era New Normal. Pendidikan era New Normal dalam penyelenggaraannya melibatkan penggunaan teknolog dalam penyampaian materi ke siswa didik dalam satuan pendidikan masing-masing. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia memberikan arahan untuk melakukan pendidikan disesuaikan dengan status zona daerah kegiatan pembelajaran yang dilakukan, untuk daerah yang berada di daerah zona kuning, oranye, dan merah dilarang melakukan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikannya tetapi satuan pendidikan pada zona-zona tersebut tetap melanjutkan pembelajaran dengan cara belajar dari rumah dengan sistem daring. Kegiatan Pengabdian masyarakat untuk guru SD Negeri 170 Palembang ini bertujuan untuk memperkenalkan aplikasi Google Meet sebagai sarana pendukung kegiatan pembelajaran pada masa new normal. Metode penyampaian materi yang dilakukan pada kegiatan pengabdian masyarakat pada SD Negeri 170 Palembang menggunakan cara ceramah dan praktik langsung dengan meberikan soal-soal praktik mengenai materi yang telah disampaikan seelumnya. Peserta kegiatan pengabdian masyarakat adalah guru-guru SD Negeri 170 Palembang. Adapun hasil yang didapat dari kegiatan pelatihan penggunaan Google Meet ini yaitu dapat menambah pemahaman bagi guru-guru tentang teknologi yang dapat dimanfaatkan dengan maksimal dalam menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar serta dapat menjadi salah satu solusi untuk pembelajaran siswa dari rumah.
Kata Kunci:
Google Meet, Pembelajaran Daring, Belajar dari RumahUnduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work