Strategi Pemasaran Digital Produk UMKM Di Desa Kudangwangi Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v5i3.9580Abstract
Keadaan ekonomi pasca pandemi mengalami penurunan di Indonesia, semua kalangan terkena dampak yang cukup signifikan dari adanya pandemi. Warga desa pun tentunya terdampak, mulai dari PHK masal hingga perekonomian pun mengalami kemunduran. Pengabdian kepada masyarakat ini sebagai sarana untuk membantu perekonomian di desa/daerah tersebut. PKM kali ini yaitu di Desa Kudangwangi, Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang. Di Desa Kudangwangi ini mata pencaharian paling utama yaitu menjadi petani dan buruh tani. Namun ada juga sebagian warga yang melakukan usaha berupa produksi makanan. Dari UMKM yang sudah ada namun belum maksimal dalam hal pemasarannya bagaimana caranya memaksimalkan penjualan dengan strategi pemasaran yang tepat. Maka dari itu TIM PKM berupaya memberikan solusi melalui kegiatan PKM yang akan dilaksanakan. Oleh karena itu, adanya PKM ini menjadi bekal bagi masyarakat untuk dapat membangkitkan kembali usaha UMKM yang sempat terganggu dengan memajukan kembali perekonomian desa pasca pandemi dan menemukan solusi terbaik dari permasalahan-permasalahan yang ada.
Keywords:
strategi Pemasaran, UMKM, desa kudangwangiDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wulan Riyadi, Latief Z. Nur, Nita Hernita, Melia Wida Rahmayani, Mochamad Febri sayidil Umam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work