Digitalisasi UMKM Desa Ujungjaya Melalui e-Commerce Shopee

Abstract Views : 53 / Downloads Count: 39

Authors

  • Alan Rusdiana Universitas Majalengka
  • L Suparto Universitas Majalengka
  • Rita Sri Silvia Pamuji Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i3.9568

Keywords:

Pemasaran digital, UMKM, e-commerce Shopee

Abstract

Pelaku UMKM yang ada di Desa Ujungjaya memiliki potensi untuk menjual produknya secara luas karena kualitas produk yang diproduksinya tidak kalah saing dengan produksi para pelaku UMKM lainnya. Namun, target market pemasaran para UMKM belum terlalu luas, yang menyebabkan kurang berkembangnya ekonomi kreatif para UMKM di Desa Ujungjaya. Hal ini dibuktikan bahwa sampai pada saat ini belum adanya perkembangan terkait dengan pemasaran produk UMKM tersebut. Oleh karenanya diperlukan pelatihan digital marketing melalui e-commerce Shopee dengan harapan pelaku UMKM memiliki pengetahuan dan dapat memamfaatkan e-commerce untuk mengembangkan usahanya. Metode pelaksanaan diawali dengan menganalisa permasalahan yang dihadapi oleh UMKM di Desa Ujungjaya Kabupaten Sumedang. Kemudian dari permasalahan tersebut dirumuskan solusi dengan memberikan dua macam pelatihan, yaitu pelatihan konsep pemasaran digital dan pelatihan pembuatan akun dan toko Shopee.  Kemudian dari hasil pelatihan tersebut, pelaku UMKM akan didampingi serta dilakukan monitoring atas keberhasilan pembuatan toko Shopee Dari kegiatan pelatihan ini menghasilkan satu akun toko Shopee (Binangkit Jaya Snack) sehingga dapat menjadi wadah pemasaran untuk produk UMKM di Desa Ujungjaya. Yayasan Handjuang Mekar Indonesia sebagai admin yang memegang akun Shopee tersebut sedangkan para pelaku UMKM cukup memiliki foto produk dan menetapkan harga produk yang akan dipasarkan pada Shopee.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Rusdiana, A., Suparto, L., & Sri Silvia Pamuji, R. (2024). Digitalisasi UMKM Desa Ujungjaya Melalui e-Commerce Shopee. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 2102–2107. https://doi.org/10.31949/jb.v5i3.9568

Issue

Section

Articles