Digitalisasi UMKM Desa Ujungjaya Melalui e-Commerce Shopee
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v5i3.9568Abstract
Pelaku UMKM yang ada di Desa Ujungjaya memiliki potensi untuk menjual produknya secara luas karena kualitas produk yang diproduksinya tidak kalah saing dengan produksi para pelaku UMKM lainnya. Namun, target market pemasaran para UMKM belum terlalu luas, yang menyebabkan kurang berkembangnya ekonomi kreatif para UMKM di Desa Ujungjaya. Hal ini dibuktikan bahwa sampai pada saat ini belum adanya perkembangan terkait dengan pemasaran produk UMKM tersebut. Oleh karenanya diperlukan pelatihan digital marketing melalui e-commerce Shopee dengan harapan pelaku UMKM memiliki pengetahuan dan dapat memamfaatkan e-commerce untuk mengembangkan usahanya. Metode pelaksanaan diawali dengan menganalisa permasalahan yang dihadapi oleh UMKM di Desa Ujungjaya Kabupaten Sumedang. Kemudian dari permasalahan tersebut dirumuskan solusi dengan memberikan dua macam pelatihan, yaitu pelatihan konsep pemasaran digital dan pelatihan pembuatan akun dan toko Shopee. Kemudian dari hasil pelatihan tersebut, pelaku UMKM akan didampingi serta dilakukan monitoring atas keberhasilan pembuatan toko Shopee Dari kegiatan pelatihan ini menghasilkan satu akun toko Shopee (Binangkit Jaya Snack) sehingga dapat menjadi wadah pemasaran untuk produk UMKM di Desa Ujungjaya. Yayasan Handjuang Mekar Indonesia sebagai admin yang memegang akun Shopee tersebut sedangkan para pelaku UMKM cukup memiliki foto produk dan menetapkan harga produk yang akan dipasarkan pada Shopee.
Keywords:
Pemasaran digital, UMKM, e-commerce ShopeeDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alan Rusdiana, L Suparto, Rita Sri Silvia Pamuji

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work