Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Media GeoGebra pada Siswa SMA untuk Mendukung Pembelajaran Matematika

Abstract Views : 35 / Downloads Count: 31

Authors

  • Isman M Nur Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Diah Prawitha Sari Universitas Khairun
  • Ariyanti Jalal Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i3.9363

Keywords:

GeoGebra, Sistem Persamaan Linear, Grafik Fungsi, Mendukung Pembelajaran Matematika

Abstract

Media pembelajaran GeoGebra merupakan program komputer yang dapat menggambarkan secara real materi Geometri dan Aljabar namun program ini tidak hanya mendukung untuk kedua topik tersebut, akan tetapi juga mendukung banyak topik matematika lainnya. Oleh karena itu, media pembelajaran GeoGebra menyediakan berbagai cara yang berbeda untuk memanipulasi dan menampilkan ekspresi-ekspresi matematika sehingga memudahkan siswa menggunakannya secara efektif. Tujuan dari kegiatan pelatihan dan pendampingan ini adalah memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam menggunakan media GeoGebra untuk mendukung pembelajaran matematika. Peserta pelatihan dan pendampingan ini adalah siswa SMA Al-Khairat Tobelo berjumlah 22 orang. Diperoleh bahwa dalam implementasi media GeoGebra siswa sangat aktif bertanya dan aktif mengikuti semua materi yang diberikan. Penggunaan media GeoGebra memudahkan siswa menggambar objek dasar persamaan dan sistem persamaan serta fungsi dan grafiknya. Pengabdian ini, pemberian materi persamaan dan sistem persamaan serta fungsi dan grafiknya masih dikatakan terbatas. Perlu melakukan pengabdian selanjutnya menggunakan beragam materi dan media pembelajaran lainnya serta mengukur kemampuan kognitif siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-03

How to Cite

Nur, I. M., Sari, D. P., & Jalal, A. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Media GeoGebra pada Siswa SMA untuk Mendukung Pembelajaran Matematika. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 1979–1988. https://doi.org/10.31949/jb.v5i3.9363

Issue

Section

Articles