PELATIHAN MANAJEMEN KEUANGAN DAN MANAJEMEN PEMASARAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM DI KECAMATAN KADIPATEN KABUPATEN MAJALENGKA

Abstract Views : 360 / Downloads Count: 384

Authors

  • Wulan Riyadi Universitas Majalengka
  • Yogi Ginanjar Universitas Majalengka
  • Melia Wida Rahmayani Universitas Majalengka
  • Pipih Sopiyan Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v2i2.916

Keywords:

Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Kecamatan Kadipaten

Abstract

Penurunan daya beli masyarakat akibat pandemi covid-19 berdampak ke penjualan UMKM. Untuk meningkatkan daya beli masyarakat di tengah pandemi covid-19 yaitu agar mengefektifkan berbagai fungsi dalam manajemen keuangan dan manajemen pemasaran yang diharapkan agar UMKM dapat bertahan. Permasalahan yang muncul yaitu banyak UMKM khususnya di Kecamatan Kadipaten Kabupaten Majalengka yang belum memahami akan pentingnya manajemen keuangan dan manajemen pemasaran. Banyak UMKM yang belum melakukan adminstrasi dengan baik dan melakukan pemasaran secara tradisional. Padahal saat ini pemasaran digital merupakan hal yang sangat penting bagi para pelaku UMKM untuk kelangsungan usahanya. metode yang akan dilakukan atas dasar permasalahan yang muncul yaitu dengan cara memberikan pelatihan serta pendampingan kepada para pelaku UMKM terkait manajemen keuangan dan manajemen pemasaran. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini yaitu agar pelaku UMKM lebih memahami dampak yang terjadi saat ini dan kedepannya, sehingga pelaku UMKM diharapkan mampu memanfaatkan peluang baik ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-06

How to Cite

Riyadi, W., Ginanjar, Y., Wida Rahmayani, M., & Sopiyan, P. (2021). PELATIHAN MANAJEMEN KEUANGAN DAN MANAJEMEN PEMASARAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM DI KECAMATAN KADIPATEN KABUPATEN MAJALENGKA. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 517–523. https://doi.org/10.31949/jb.v2i2.916

Issue

Section

Articles