Strategi Promosi Produk Ramah Lingkungan Berdasarkan Perilaku Konsumen Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Milik WNI di Penang, Malaysia
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.9106Abstract
Keuntungan ekonomi diperoleh pemilik usaha yang menentukan usahanya berbasis lingkungan, karena dengan pilihan tersebut daya saing usahanya akan meningkat. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan konsultasi mengenai strategi promosi produk ramah lingkungan berdasarkan perilaku konsumen sesuai dengan target pasar. Dalam Pengabdian Masyarakat ini, Dosen Manajemen Universitas Mercu Buana bekerjasama dengan Persatuan Organisasi Masyarakat Indonesia (PERMAI) Pulau Pinang, menyasar kelompok Pengusaha Mikro Indonesia di Penang. Metode pengabdian masyarakat yang digunakan adalah pelatihan dan konsultasi. Peserta yang terdiri dari para pekerja migran yang memiliki usaha mikro, antara lain katering, jasa pijat dan lain sebagainya, antusias mengikuti sesi pelatihan dan konsultasi untuk mengembangkan usahanya. Permasalahannya antara lain belum memahami ceruk pasar yang sesuai dengan konsep produk ramah lingkungan, serta terbatasnya modal usaha mikro migran Indonesia di Penang. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut dengan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman untuk meningkatkan kinerja peserta.
Keywords:
strategi promosi, perilaku konsumen, usaha mikro, produk ramah lingkungan, layanan masyarakatDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ririn Wulandari, Khozaeni Bin Rahmad, Alvita Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work