Peningkatan Literasi Sertifikasi Halal untuk Keberlanjutan UMKM Meruya Selatan

Abstract Views : 19 / Downloads Count: 22

Authors

  • Aslam Mei Nur Widigdo Universitas Mercu Buana
  • Rosalendro Eddy Nugroho Mercu Buana University

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i3.9105

Keywords:

Literasi Sertifikasi Halal, Keberlanjutan, UMKM

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor usaha yang memegang peranan penting dalam mendukung perekonomian Indonesia. Banyak potensi yang bisa dimanfaatkan oleh UMKM untuk meningkatkan bisnisnya, misalnya perkembangan pasar halal di dalam negeri maupun luar negeri. Namun keberadaan UMKM tidak terlepas dari kendala dan tantangan yang dihadapi. Salah satu kendala adalah terkait dengan standardisasi dan sertifikasi halal. Banyak UMKM yang belum memiliki sertifikasi halal. Penyebab belum dimilikinya sertifikasi halal diantaranya adalah rendahnya literasi terkait dengan peraturan halal dan kaidah halal (bahan baku, supply chain, proses produksi, proses sertifikasi), serta ketidaksiapan dalam sertifikasi. Permasalahan ini juga dialami oleh UMKM pangan yang menjadi binaan mitra kelurahan Meruya Selatan, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat.

Metode yang dipergunakan dalam PkM adalah survey, pelatihan/sosialisasi, pendampingan, serta evaluasi. Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi halal bagi UMKM pangan binaan kelurahan Meruya Selatan, meningkatkan kesadaran untuk mendaftar sertfikasi halal, dan meningkatkan kesiapan UMKM pangan binaan mitra kelurahan Meruya Selatan dalam proses sertifikasi halal. Hasil pelatihan menunjukkan materi yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan UMKM Meruya Selatan dan adanya peningkatan literasi sertfikasi halal serta kesadaran untuk menerapkannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-03

How to Cite

Widigdo, A. M. N., & Nugroho, R. E. (2024). Peningkatan Literasi Sertifikasi Halal untuk Keberlanjutan UMKM Meruya Selatan. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 1962–1971. https://doi.org/10.31949/jb.v5i3.9105

Issue

Section

Articles