PELATIHAN MENDELEY BAGI MAHASISWA TINGKAT AKHIR MAGISTER MANAJEMEN INOVASI, UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA

Abstract Views : 34 / Downloads Count: 42

Authors

  • Umar Universitas Teknologi Sumbawa
  • Ahmad Yamin Ilmu Hukum, Universitas Teknologi Sumbawa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i3.9101

Keywords:

Pelatihan, Aplikasi Mendeley

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dalam dunia pendidikan sedang berkembang pesat. Akibatnya, mahasiswa harus mengenal berbagai aplikasi yang disediakan oleh penyedia layanan informasi. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengelola artikel jurnal online, sitasi dan referensi adalah Mendeley. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa banyak mahasiswa tidak menggunakan aplikasi Mendeley karena mereka tidak tahu cara menggunakannya. Tujuan dari PKM ini adalah untuk melatih mahasiswa program studi magister manajemen inovasi Universitas Teknologi Sumbawa supaya bisa memahami penggunaan aplikasi mendeley dalam penulisan tugas akhir. Metode yang digunakan ceramah untuk menjelaskan materi yang berkaitan dengan aplikasi Mendeley dan praktik untuk mengoperasikan aplikasi manajemen referensi Mendeley serta diskusi untuk mahasiswa yang belum paham pada saat mengoperasikannya. Pelaksanaan kegiatan dibagi dalam tiga tahapan, yaitu; persiapan, Implementasi kegiatan, dan evaluasi kegiatan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 3 April 2024 di Ruang STP Universitas Teknologi Sumbawa. Hasil kegiatan ini menunjukkan peningkatan pengetahuan peserta tentang penggunaan mendeley sebagai referensi manajer, menurut hasil analisis statistik likert scale, skala 4. Kesimpulannya, pelatihan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menggunakan aplikasi mendeley dengan benar dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-03

How to Cite

Umar, U., & Yamin, A. (2024). PELATIHAN MENDELEY BAGI MAHASISWA TINGKAT AKHIR MAGISTER MANAJEMEN INOVASI, UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 1955–1961. https://doi.org/10.31949/jb.v5i3.9101

Issue

Section

Articles