JAJANAN TRADISIONAL ONDE-ONDE PELANGI BERBAGAI ISIAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA YANG BERNILAI JUAL

Abstract Views : 61 / Downloads Count: 42

Authors

  • Arisah Program Sutudi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Afia Utari Program Sutudi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Afdal Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Suci Ramadani Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Samsinar Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Palopo

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8993

Keywords:

onde-onde, inovasi jajanan, jajanan tradisional, kreativitas

Abstract

Makanan tradisional adalah makanan yang biasanya dikonsumsi oleh sekelompok masyarakat dan memiliki ciri khas tersendiri. Saat ini makanan tradisional sudah jarang ditemukan. Hal ini disebabkan sebagian masyarakat memiliki pola pikir yang menganggap makanan tradisional adalah hal yang kuno sehingga mereka mengikuti apa yang tengah menjadi tren saat ini. Onde-onde itu sendiri diduga dibawa pendatang dari tiongkok yang kemudian berkembang luas di Indonesia. Nama onde-onde berasal dari sekelompok cemilan yang terbuat dari tepung terigu ataupun tepung ketan yang direbus kemudian permukaan atau bagian kulitnya ditaburi wijen. Banyak masyarakat yang memvariasikan onde-onde menjadi bervariasi, yang meliputi ada onde-onde yang isinya gula merah, kacang hijau, keju, ketela dan lain sebagainya. Diantara variasi tersebutlah yang pasti akan menarik kembali minat masyarakat untuk mencicipi camilan onde-onde.. Tujuan dari program kreativitas mahasiswa (PKM-K) adalah untuk meningkatkan minat mahasiswa dalam berwirausaha membuat makanan menjadi suatu produk kreasi makanan yang memiliki nilai jual. Metode pelaksanaan PKM-K ini adalah input, proses, output dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini dimulai dari proses produksi yaitu menyiapkan bahan dan alat, hingga onde-onde siap di pasarkan. Luaran dari proses pembuatan onde-onde siap dijual dan dipasarkan kepada konsumen dan terakhir tahap evaluasi yaitu pengecekan onde-onde yang sudah jadi, kemudian meninjau kembali program ini akan dilaksanakan di Kota Palopo, terutama di kalangan mahasiswa dengan lokasi kegiatan yang strategis dan metode pelaksaan berbais proses input.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Arisah, A., Utari, A., Afdal, A., Ramadani, S., & Samsinar, S. (2024). JAJANAN TRADISIONAL ONDE-ONDE PELANGI BERBAGAI ISIAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA YANG BERNILAI JUAL. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1857–1862. https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8993

Issue

Section

Articles