Peningkatan Penjualan Produk UKM Keripik Mangga Melalui Pengemasan dan Branding di Desa Jembarwangi Sumedang

Authors

  • Ine Aprianti Universitas Sangga Buana
  • Sri Ayu Andayani Universitas Majalengka
  • Abdul Kholiq Universitas Majalengka
  • Nurhaeni Sikki Universitas Sangga Buana,Bandung, Indonesia
  • Taufik Zulfikar Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8980

Keywords:

Pengemasan, branding, pelaku usaha

Abstract

Dalam rangka penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Mandiri dan sinergisitas perguruan tinggi dengan pemerintah daerah, untuk itu Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemristek) melalui Lembaga Layanan Perguruan Tinggi Wilayah IV (LLDIKTI IV) bekerja sama dengan perguruan tinggi swasta mengadakan pengabdian masyarakat yang dikemas dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik gotong royong membangun desa berlokasi di Kabupaten Sumedang. Peserta KKN tematik yang penempatannya di Desa Jembarwangi Kecamatan Tomo Kabupaten Sumedang berasal dari Universitas Sangga Buana dan Universitas Majalengka terdiri dari mahasiswa dan dosen dari berbagai disiplin ilmu, salah satu program kerjanya adalah memberikan penyuluhan dan pemahaman kepada pelaku usaha keripik mangga. Tujuan program kerja ini adalah untuk memberikan pemahaman atau meningkatkan kemampuan berfikir pentingnya pengemasan dan branding suatu produk. Metode yang dilakukan adalah berupa penyuluhan, pelatihan dan praktek dalam hal pengemasan dan memberikan branding pada produk keripik mangga. Hasil dari pengabadian ini diharapkan para pelaku usaha keripik mangga dalam memasarkan produknya mulai mempergunakan kemasan yang menarik dengan mencantukan merek pada kemasannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-19

How to Cite

Aprianti, I., Andayani, S. A., Kholiq, A., Sikki, N., & Zulfikar, T. (2024). Peningkatan Penjualan Produk UKM Keripik Mangga Melalui Pengemasan dan Branding di Desa Jembarwangi Sumedang. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1653–1659. https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8980

Issue

Section

Articles