Pelatihan Menulis Teks Cerita Pendek Sebagai Keterampilan Bahasa Pada Siswa di SMP Negeri 18 Penajam Paser Utara
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8963Abstract
Menulis adalah sebuah keterampilan berbahasa yang padu dan dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan sesuatu yang disebut tulisan. Namun siswa terkadang kurang memahami mengenai manfaat yang bisa mereka peroleh jika meningkatnya kemampuan menulis yang mereka miliki. Perlu adanya kegiatan untuk menunjang pengetahuan tersebut. Upaya yang dilakukan adalah pelatihan menulis cerita pendek sebagai keterampilan bahasa bagi siswa. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan menulis yang dimiliki oleh siswa, karena menulis adalah ajang penyembuhan diri yang baik bagi mereka yang sulit menyampaikan perasaan yang mereka miliki. Metode yang digunakan dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah metode ceramah, diskusi dan praktik. Kegiatan ini dilaksanakan dengan empat tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan dengan melakukan penyuluhan dengan memberikan materi mengenai pengertian cerita pendek, unsur dan struktur dari cerita pendek serta kaidah kebahasaan yang terkandung didalamnya. Kegiatan ini dilaksanakan di SMPN 18 PPU, kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata. Hasil dari kegiatan ini adalah siswa mampu memahami mengenai pentingnya menulis bagi keterampilan berbahasa yang mereka miliki, serta siswa mampu membuat teks cerpen berdasarkan pengalaman pribadi mereka.
Keywords:
Pelatihan Menulis, Teks Cerita Pendek, Keterampilan BahasaDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kiftian Hady Prasetya, Dinar Arum Kusuma, Aisyah Syahamah, Devy Marsela, Sesi Marselina Sinambela

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work