Pendampingan Pembuatan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru-Guru di SDN Rengasdengklok Selatan 3, Kab. Karawang
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8861Abstract
Kurikulum Merdeka Belajar telah diperkenalkan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Indonesia. Namun perubahan ini juga memerlukan instrumen evaluasi yang sesuai agar dapat mengukur pencapaian kompetensi siswa secara akurat dan memberikan umpan balik yang relevan kepada guru dan siswa. Saat ini, masih terdapat kebutuhan untuk mengembangkan instrumen evaluasi yang dapat mengakomodasi prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka Belajar. Berdasarkan observasi dan wawancara awal yang dilakukan dengan guru dan kepala sekolah SDN Rengasdengklok Selatan 3, Kab. Karawang, kebutuhan akan sosialisasi pembuatan instrumen evaluasi pembelajaran SD berdasarkan kurikulum Medeka Belajar masih sangat besar. Laporan ini bertujuan untuk memaparkan hasil pendampingan dalam pembuatan instrumen evaluasi pembelajaran sesuai dengan Kurikulum Merdeka Belajar yang telah dilaksanakan di SDN Rengasdengklok Selatan 3, Kab. Karawang. Instrumen evaluasi yang tepat diperlukan untuk mengukur pencapaian kompetensi dan kemajuan siswa dalam konteks pendekatan Merdeka Belajar. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk membantu para guru dalam mengembangkan instrumen evaluasi yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka Belajar dan meningkatkan pemahaman para guru SDN Rengasdengklok Selatan 3, Kab. Karawang, tentang prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran yang relevan dengan pendekatan Merdeka Belajar. Pendampingan dilaksanakan dalam bentuk in-house training di lokasi sekolah yang sudah disepakati ditambah dengan pendampingan secara berani menggunakan grup Whatsapp untuk memonitor kegiatan dan kemajuan pembuatan instrumen. Luaran dari kegiatan pengabdian ini adalah publikasi jurnal pengabdian dan instrumen evaluasi yang dapat digunakan oleh guru di sekolah terkait.
Keywords:
Kurikulum Merdeka, Evaluasi pembelajaran, InstrumenDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Irmawan, Eri Subekti, Hesti Widiastuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work