Pendampingan Pembuatan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru-Guru di SDN Rengasdengklok Selatan 3, Kab. Karawang

Abstract Views : 46 / Downloads Count: 47

Authors

  • Irmawan Universitas Langlangbuana
  • Eri Subekti Universitas Langlangbuana, Bandung, Indonesia
  • Hesti Widiastuti Universitas Buana Perjuangan, Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8861

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Evaluasi pembelajaran, Instrumen

Abstract

Kurikulum Merdeka Belajar telah diperkenalkan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Indonesia. Namun perubahan ini juga memerlukan instrumen evaluasi yang sesuai agar dapat mengukur pencapaian kompetensi siswa secara akurat dan memberikan umpan balik yang relevan kepada guru dan siswa. Saat ini, masih terdapat kebutuhan untuk mengembangkan instrumen evaluasi yang dapat mengakomodasi prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka Belajar. Berdasarkan observasi dan wawancara awal yang dilakukan dengan guru dan kepala sekolah SDN Rengasdengklok Selatan 3, Kab. Karawang, kebutuhan akan sosialisasi pembuatan instrumen evaluasi pembelajaran SD berdasarkan kurikulum Medeka Belajar masih sangat besar. Laporan ini bertujuan untuk memaparkan hasil pendampingan dalam pembuatan instrumen evaluasi pembelajaran sesuai dengan Kurikulum Merdeka Belajar yang telah dilaksanakan di SDN Rengasdengklok Selatan 3, Kab. Karawang. Instrumen evaluasi yang tepat diperlukan untuk mengukur pencapaian kompetensi dan kemajuan siswa dalam konteks pendekatan Merdeka Belajar. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk membantu para guru dalam mengembangkan instrumen evaluasi yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka Belajar dan meningkatkan pemahaman para guru SDN Rengasdengklok Selatan 3, Kab. Karawang, tentang prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran yang relevan dengan pendekatan Merdeka Belajar. Pendampingan dilaksanakan dalam bentuk in-house training di lokasi sekolah yang sudah disepakati ditambah dengan pendampingan secara berani menggunakan grup Whatsapp untuk memonitor kegiatan dan kemajuan pembuatan instrumen. Luaran dari kegiatan pengabdian ini adalah publikasi jurnal pengabdian dan instrumen evaluasi yang dapat digunakan oleh guru di sekolah terkait.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-17

How to Cite

Irmawan, I., Subekti, E., & Widiastuti, H. (2024). Pendampingan Pembuatan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru-Guru di SDN Rengasdengklok Selatan 3, Kab. Karawang. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1555–1562. https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8861

Issue

Section

Articles