Pengelolaan Keuangan Dan Digital Marketing: Strategi Meningkatkan Perekonomian Nagari Bayua Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8827Abstract
Volume penjualan UMKM Nagari Bayua masih terbilang sangat kecil. Pelaku UMKM belum bisa menyatakan kos dan laba yang mereka peroleh. Mereka hanya menghitung jumlah penjualan dan pengeluaran. Belum ada pemisahan antara aset usaha dengan aset pribadi. Disisi lain, kurangnya volume penjualan dan laba UMKM Nagari Bayua disebabkan oleh kurangnya promosi (marketing). Oleh karena itu, UMKM membutuhkan pemahaman pengelolaan keuangan yang baik dan workshop pemanfaatan teknologi informasi dalam bentuk digital marketing. Metode yang digunakan dalam PKM ini adalah memberikan pelatihan kepada UMKM Nagari Bayua dengan dua pendekatan: (1)metode ceramah dan diskusi, (2) metode demonstrasi. Pemberian pelatihan mengenai pengelolaan keuangan terkait akuntansi diberikan dengan tujuan pelaku UMKM dapat merencanakan target-target keuangan usaha kedepannya dan pelatihan digital marketing dengan tujuan pengembangan usaha berbasis teknologi pada UMKM. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pelatihan yang diikuti oleh peserta telah memberikan peningkatan penambahan pemahaman bagi peserta pelatihan sebesar 83,75% dari yang sebelumnya hanya 47%.
Keywords:
pelatihan pengelolaan keuangan, digital marketing, UMKMDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Helga Nuri Honesty, Astra Prima Budiarti, Jefriyanto, Fiola Finomia Honesty, Mayar Afriyenti, Hari Setia Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work