PEMBUATAN MATA PELAJARAN EKSTRAKURIKULER UNTUK MEMPERKENALKAN KEILMUAN TEKNIK INDUSTRI DI SMA ISR KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8805Abstract
Dunia pendidikan di Indonesia saat ini telah memasuki Kurikulum Merdeka, begitu juga dengan Sekolah Menengah Atas. Kurikulum Merdeka dinilai lebih sederhana dan fleksibel sehingga membuat siswa lebih aktif. Jenis-jenis aktivitas yang ada di dalam kurikulum ini lebih relevan dan banyak memberikan ruang untuk tugas berbasis proyek. Namun munculnya Kurikulum Merdeka ini menimbulkan permasalahan yaitu belum siapnya sekolah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka khususnya dari segi mata pelajaran dan sumber daya. Begitu juga terjadi pada SMA IGNATIUS SLAMET RIYADI, Resinda Karawang. Sekolah sangat membutuhkan kerja sama dengan Universitas dari segi keilmuan dan juga sumber daya. Dengan perencanaan Kurikulum Merdeka yang baik dengan didukung mata pelajaran berbasis proyek yang menarik minat siswa tentunya dapat meningkatkan kompetensi siswa SMA IGNATIUS SLAMET RIYADI dan menarik perhatian orang tua siswa SMP untuk menyekolahkan anaknya di SMA IGNATIUS SLAMET RIYADI, Karawang. Oleh karena itu, Program Studi Teknik Industri Universitas Katolik Parahyangan menjalin kerja sama untuk menghasilkan mata pelajaran berbasis proyek, khususnya yang berhubungan dengan keilmuan Teknik Industri. Dengan demikian, selain membantu sekolah, Program Studi Teknik Industri UNPAR juga dapat meningkatkan eksistensi dan menarik minat siswa SMA terhadap keilmuan Teknik Industri sehingga pada saatnya tiba para siswa berminat melanjutkan studi di Program Studi Teknik Industri UNPAR. Pengabdian ini dilakukan dalam 4 bagian, yaitu identifikasi kebutuhan, pembangkitan ide, pembuatan purwarupa, dan evaluasi produk. Diperoleh sebanyak 6 produk, yaitu Self Cleaning Bookshelf: rak buku yang mudah dibersihkan, Cable Roller: alat bantu untuk membawa kabel dari peralatan elektronik agar tersimpan rapi saat dibawa dalam tas, Pemotong Otomatis untuk buah dan sayuran yang mudah dibersihkan, Headphone Holder: penyangga Headphone, Jas Hujan: modular dan praktis, dan Pemotong: Alat pemotong yang aman digunakan anak-anak.
Keywords:
kurikulum merdeka, desain produk, teknik industri, design thinkingDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sugih Sudharma Tjandra, Paulus Sukapto, Hanky Fransiscus, Daniel Siswanto, Romy Loice, Giovano Alberto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work