Digitalisasi Pendidikan Melalui Sistem Informasi Penilaian (SIMFONI) Siswa di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Cijeruk
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8741Abstract
Pondok pesantren (Ponpes) modern merupakan lembaga pendidikan dan pengajaran agama Islam yang memiliki program pendidikan yang disusun mandiri dengan memadukan proses pendidikan formal serta non formal yang berlangsung sepanjang hari dalam satu pengkondisian di asrama. Lembaga pendidikan ponpes muncul sebagai wujud upaya pendidikan menyeluruh bukan hanya dari sisi akademis namun juga pembentukan karakter serta pengembangan diri dari para peserta didiknya. Oleh sebab itu, dalam rangka menyajikan layanan pendidikan yang berkualitas sesuai tujuan ke-4 arah pembangunan yang tertuang pada agenda Sustainable Development Goals (SDGs) maka pondok pesantren modern pun harus memiliki mekanisme pembelajaran yang terukur serta transparan, salah satu solusinya dengan penerapan digitalisasi sistem penilaian. Kegiatan PKM ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam proses penilaian melalui penerapan teknologi digital pada Ponpes Nurul Hidayah Cijeruk, karena permasalahan yang dihadapi saat ini oleh ponpes adalah belum tersedianya sistem administrasi penilaian terkomputerisasi untuk membantu proses pengolahan nilai secara digital. Hasil dari kegiatan ini diharapkan agar pemberian nilai secara digital dapat bersifat efisien dan transparan serta berdampak pada evaluasi peningkatan belajar para santri untuk membentuk peningkatan kualitas pembelajaran di masa mendatang
Keywords:
Digitalisasi, penilaian, transparansi, ponpes, sistem, SIMFONIDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jeanie Annissa, Ita Novita, Noni Juliasari, Tegar Mandiri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work