Pelatihan Literasi Digital Guru Sekolah Dasar Negeri Teganing

Authors

  • Sumbaji Putranto UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8719

Keywords:

literasi digital, guru, pelatihan

Abstract

Literasi digital menjadi kebutuhan utama di abad ke-21. Seluruh anggota masyarakat membutuhkan literasi digital yang baik, utamanya guru. Dengan memiliki literasi digital yang baik guru diharapkan dapat memberikan dampak signifikan dalam penguatan dan peningkatan kualitas pendidikan. Program pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi digital guru Sekolah Dasar Negeri Teganing, Kulon Progo. Kegiatan pelatihan dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting dengan melibatkan subjek sebanyak 11 guru. Materi yang diberikan dalam pelatihan ini yaitu: 1) Urgensi literasi digital di sekolah dasar; 2) Pencarian dan pengelolaan sumber belajar di internet; 3) Media pembelajaran menggunakan media sosial; dan 4) pelanggaran hak intelektual. Metode kegiatan yang dilaksanakan dalam pelatihan adalah ceramah, diskusi, dan workshop. Pelaksanaan pelatihan literasi digital bagi guru ini dapat disimpulkan berhasil, ditunjukkan dengan respon positif dari peserta dan peningkatan pemahaman literasi digital yang dimiliki peserta pelatihan. Pelatihan ini diharapkan dapat dilaksanakan berkelanjutan termasuk untuk orang tua dan siswa sekolah dasar, sehingga mereka memiliki kesadaran akan pentingnya literasi digital.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-07

How to Cite

Putranto, S. (2024). Pelatihan Literasi Digital Guru Sekolah Dasar Negeri Teganing. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1418–1424. https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8719

Issue

Section

Articles