PELATIHAN METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN SECARA EFEKTIF BAGI GURU-GURU SMA DM TRIGUNA PADANG SELAMA PANDEMI COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v2i2.859Abstract
Dewasa ini setiap guru di hampir semua jenjang pendidikan diwajibkan untuk melek teknologi, terutama teknologi informasi. Selain untuk menunjang kegiatan pendidikan, melek teknologi informasi juga menunjang guru dalam menyelesaikan persoalan administrasi. Salah satu perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menunjang pendidikan dan persoalan administrasi adalah Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft PowerPoint. Perangkat lunak Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft PowerPoint memiliki banyak fitur yang masih kurang familiar disebagian pengguna, terutama guru-guru SMA DM TRIGUNA padang. Hal tersebut dialami oleh guru-guru SMA DM TRIGUNA padang yang belum terbiasa dengan tool-tool yang banyak disediakan pada perangkat lunak Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft PowerPoint. Beberapa kendala yang sering dijumpai adalah kurang maksimalnya penggunaan fungsi merge di Word, fungsi rumus-rumus kondisi pada Excel dan animasi serta multimedia di PowerPoint. Hal inilah yang melatarbelakangi tim pengabdian untuk memberikan pelatihan “PELATIHAN METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN SECARA EFEKTIF BAGI GURU-GURU SMA DM TRIGUNA PADANG SELAMA PANDEMI COVID 19”. Kegiatan ini diselenggarakan di Lab Komputer SMA DM TRIGUNA Padang dengan metode ceramah dan praktik langsung. Peserta pelatihan ini adalah 25 orang yang semuanya merupakan guru-guru SMA DM Triguna Padang. Kegiatan berlangsung selama 1 (satu ) hari dengan durasi 4 (empat ) jam. Melalui kegiatan ini, diharapkan ketrampilan dan pemahaman peserta meningkat terkait penggunaan perangkat lunak perkantoran.
Keywords:
Pandemi 19, MS word, EfektifDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work