Transformasi Pendidikan Inklusif: Pemberdayaan Guru dan Kepala Sekolah Meningkatkan Layanan Siswa Berkebutuhan Khusus
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8531Abstract
Kegiatan ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis upaya pemberdayaan guru dan kepala sekolah dalam meningkatkan layanan bagi siswa berkebutuhan khusus (ABK) di sekolah dasar. Pendidikan inklusif menjadi fokus utama sebagai langkah menuju transformasi sistem pendidikan yang lebih merata. Metode yang digunakan adalah Klasikal , selama 1(satu) hari dan 2(dua) hari menggunakan metode daring(dalam Jaringan) online dengan menggunakan zoom cloud meeting dan WA group, serta strategi pembelajaran yang bersifat kognitif, afektif, dan psikomotorik, relevan dengan pencapaian tujuan yaitu untuk meningkatkan pengetahuan Guru dan Kepala Sekolah tentang pendidikan inklusif. Hasil akhir yang diperoleh dari pelatihan pemberdayaan guru ini, para guru dapat mempresentasikan rancangan instrumen asesmen dan rancangan modifikasi kurikulum bagi siswa ABK dengan baik dan benar yang terbagi atas 10 kelompok dan masing- masing kelompok terdiri dari 7-8 orang guru. Harapan dari tim PKM Uhamka adalah para guru dapat menerapkan semua pelatihan yang sudah diberikan. Implikasi praktisnya mencakup perluasan program pelatihan, peningkatan kolaborasi antara guru dan kepala sekolah, serta pembangunan budaya inklusif di setiap tingkatan pendidikan dasar. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi dasar bagi kebijakan pendidikan yang lebih inklusif dan memberdayakan.
Keywords:
Pemberdayaan, Guru dan Kepala Sekolah, Asesmen, Kurikulum, ABKDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Connie Chairunnisa, Istaryatiningtias, Rismita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work