Transformasi Pendidikan Inklusif: Pemberdayaan Guru dan Kepala Sekolah Meningkatkan Layanan Siswa Berkebutuhan Khusus

Abstract Views : 8 / Downloads Count: 17

Authors

  • Connie Chairunnisa Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jakarta
  • Istaryatiningtias Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jakarta
  • Rismita Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8531

Keywords:

Pemberdayaan, Guru dan Kepala Sekolah, Asesmen, Kurikulum, ABK

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis upaya pemberdayaan guru dan kepala sekolah dalam meningkatkan layanan bagi siswa berkebutuhan khusus (ABK) di sekolah dasar. Pendidikan inklusif menjadi fokus utama sebagai langkah menuju transformasi sistem pendidikan yang lebih merata. Metode yang digunakan adalah Klasikal , selama 1(satu) hari dan 2(dua) hari menggunakan metode daring(dalam Jaringan) online dengan menggunakan zoom cloud meeting dan WA group, serta strategi pembelajaran yang bersifat kognitif, afektif, dan psikomotorik, relevan dengan pencapaian tujuan yaitu untuk meningkatkan pengetahuan Guru dan Kepala Sekolah tentang pendidikan inklusif. Hasil akhir yang diperoleh dari pelatihan pemberdayaan guru ini, para guru dapat mempresentasikan rancangan instrumen asesmen dan rancangan modifikasi kurikulum bagi siswa ABK dengan baik dan benar yang terbagi atas 10 kelompok dan masing- masing kelompok terdiri dari 7-8 orang guru. Harapan dari tim PKM Uhamka adalah para guru dapat menerapkan semua pelatihan yang sudah diberikan. Implikasi praktisnya mencakup perluasan program pelatihan, peningkatan kolaborasi antara guru dan kepala sekolah, serta pembangunan budaya inklusif di setiap tingkatan pendidikan dasar. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi dasar bagi kebijakan pendidikan yang lebih inklusif dan memberdayakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Chairunnisa, C., Istaryatiningtias, I., & Rismita, R. (2024). Transformasi Pendidikan Inklusif: Pemberdayaan Guru dan Kepala Sekolah Meningkatkan Layanan Siswa Berkebutuhan Khusus . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1939–1945. https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8531

Issue

Section

Articles