Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pengemasan dan Digital Marketing Produk Pupuk Organik di Kabupaten Lampung Selatan

Authors

  • Fikri Syahputra Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Dharma Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7682

Abstract

Masyarakat di lokasi pengabdian berkeinginan agar produk pupuk organik yang dihasilkan dapat dibeli oleh masyarakat umum, baik di tingkat daerah maupun nasional. Kendala yang dihadapi peternak adalah belum adanya pengetahuan akan pemasaran produknya. Selain itu produk yang dihasilkan juga belum dikemas dengan menarik. Adapun solusi yang ditawarkan adalah dalam bentuk pendampingan penyuluhan dan pelatihan. Kegiatan pendampingan tersebut berbentuk penyuluhan/pelatihan (1) pengemasan produk pupuk organik dengan kemasan menarik dan modern; (2) pemasaran produk pupuk organik berbasis On-Line dengan konsep modern. Metode yang diterapkan pada pengabdian ini dengan cara penyuluhan dan pelatihan. Dari hasil pengabdian di lapangan diperoleh terdapat peningkatan pengetahuan sebesar 80%. Kemudian pada pelatihan pengemasan produk pupuk organik dan pemasaran pupuk ogranik terjadi peningkatan pemahaman peserta sebesar 80%. Adanya penyuluhan/pelatihan yang telah diberikan dapat memberikan motivasi kepada peserta pengabdian. Kemudian dengan adanya kegiatan penyuluhan/pelatihan diharapkan dapat membantu peserta pengabdian dalam meningkatkan jumlah penjualan produk pupuk organik sehingga berdampak terhadap pendapatan keluarga peserta pengabdian masyarakat.

Keywords:

Pemberdayaan, Produk, Pengemasan, Digital Marketing

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 80
Downloads Count: 123

Published

2024-01-26

How to Cite

Syahputra, F. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pengemasan dan Digital Marketing Produk Pupuk Organik di Kabupaten Lampung Selatan. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1076–1081. https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7682

Issue

Section

Articles