PELATIHAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSOFT TEAMS DI SMK NEGERI 1 KANDIS
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v2i2.762Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini didasari dengan adanya permasalahan dan kebutuhan guru-guru SMKN 1 Kandis dalam hal model pembelajaran berbasis Information and Communication of Technology (ICT). Para guru di sekolah mitra memiliki pengetahuan yang minim terhadap model pembelajaran berbasis ICT. Seiring dengan hal tersebut, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan selama kurang lebih 6 bulan, mulai dari melakukan tahap analisis situasi, melakukan kegiatan sosialisasi, hingga pembuatan luaran kegiatan pengabdian. Kegiatan analisis situasi berupa observasi lapangan dan wawancara kepada guru, kemudian kegiatan sosialisasi meliputi tahap pengenalan awal berupa pemaparan materi tentang model pembelajaran berbasis Microsoft Teams dan disertai dengan diskusi dan tanya jawab kepada peserta kegiatan. Berdasarkan dari respon angket menggambarkan bahwa kegiatan sangat bermanfaat bagi peserta. Hal itu tergambar dari peningkatan persentase pengetahuan guru setelah mengikuti kegiatan. Sebelum pelatihan diperoleh gambaran pengetahuan guru secara umum berada pada kategori cukup baik dengan rata-rata 54.25. Sedangkan setelah dilaksanakan pelatihan, secara umum berada pada kategori baik dengan rata- rata 78.5. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa pemahaman guru mengenai pelatihan penerapan model pembelajaran berbasis Microsoft Teams di SMKN 1 Kandis meningkat dari 54.25% menjadi 78.5%. Berdasarkan analisis data yang dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pelatihan penerapan model pembelajaran berbasis Microsoft Teams bermanfaat bagi guru SMKN 1 Kandis.
Keywords:
Information and Communication of Technology (ICT), Model Pembelajaran, Microsoft TeamsDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work