FASILITASI RADIO STREAMING BERJARINGAN SEBAGAI GERAKAN KOLEKTIF KONVERGENSI MEDIA ASOSIASI FORUM DISKUSI RADIO PONOROGO (FDRP)

Abstract Views : 200 / Downloads Count: 163

Authors

  • Nur Aini Shofiya Asy'ari Universitas Darussalam Gontor
  • Dihin Muriyatmoko Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v2i2.754

Keywords:

Konvergensi Radio, Radio Streaming Berjaringan, Website berjaringan, FDRP

Abstract

Awareness khalayak Ponorogo terhadap konvergensi radio masih sangat rendah yang berdampak pada listenership yang terus menurun. Selanjutnya, dari hasil penelusuran penulis diketahui bahwa tidak semua radio di Ponorogo memiliki radio streaming dan bagi yang memiliki radio streaming kondisinya kurang baik. Maka pendampingan pada Asosiasi radio FDRP (Forum Diskusi Radio Ponorogo) menjadi penting untuk dilaksanakan. Pendampingan dilakukan dengan melakukan fasilitasi radio streaming berjaringan dalam bentuk website dan aplikasi radio streaming pada gadget. Mitra pendampingan adalah empat radio di Ponorogo yaitu Radio Romansa FM, Radio Suara Gontor, Radio Duta Nusantara dan Radio Songgolangit yang tergabung dalam FDRP. Hasil dari pendampingan ini adalah adanya fasilitas website berjaringan dan radio streaming berjaringan yang dapat membantu anggota mitra yang belum memiliki radio streaming. Selain itu bagi radio yang radio streamingnya stagnan juga terbantu dengan radio streaming berjaringan ini. Kelebihan radio streaming berjaringan ini adalah radio streaming yang tidak berbayar selama tiga tahun sehingga diharapkan bisa terjaga keberlangsungannya. Pendampingan ini juga telah berupaya untuk meningkatkan kemampuan strategi & Managemen konvergensi radio yang tergabung dalam FDRP dalam beberapa materi terkait radio internet & konvergensi baik aspek teknis dan managemennya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-28

How to Cite

Asy’ari, N. A. S., & Muriyatmoko, D. . (2021). FASILITASI RADIO STREAMING BERJARINGAN SEBAGAI GERAKAN KOLEKTIF KONVERGENSI MEDIA ASOSIASI FORUM DISKUSI RADIO PONOROGO (FDRP). BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 432–439. https://doi.org/10.31949/jb.v2i2.754

Issue

Section

Articles