Pemanfaatan Pop-Up Book Sebagai Media Literasi Pencegahan Perilaku Bullying
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7490Abstract
Perilaku bullying yang dilakukan oleh peserta didik di SDN 02 Indarung dalam bentuk verbal dan non verbal. Dampak dari perilaku bullying mengakibatkan siswa malas datang ke sekolah, menangis bahkan ada yang menjadi pendiam. Berdasarkan hasil survey awal dan wawancara dengan mitra, maka permasalahan mitra adalah adanya perilaku bullying pada peserta didik karena rendahnya pengetahuan peserta didik, belum adanya edukasi pencegahan perilaku bullying di sekolah, sekolah belum memiliki media edukasi yang komunikatif dan menarik berkaitan dengan pencegahan perilaku bullying. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah membuat media edukasi pop-up book yang disukai dan informatif bagi peserta didik sehingga meningkatkan pengetahuan peserta didik tentang pencegahan bullying. Metode yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan membuat media edukasi, memberikan edukai pencegahan bullying pada peserta didik. Jumlah sasaran peserta didik dalam kegiatan ini adalah 50 orang. Lokasi kegiatan adalah di SDN 02 Indarung, Kota Padang, Sumatera Barat. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dari tanggal 28 Oktober - 20 November 2023. Hasil kegiatan menunjukkan media edukasi disukai peserta didik. 90% peserta didik mengalami peningkatan pengetahuan tentang pencegahan bullying setelah diberikan edukasi. Media edukasi pop-up book diharapkan dapat menjadi salah satu media literasi pencegahan bullying di sekolah dan peserta didik dapat mencegah perilaku bullying.
Keywords:
Peserta didik, bullying, pop-up bookDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Guslinda, Defrima Oka Surya, Ilham Thohir, Reren Febri Yolanda, Agung Permanda Putra, Azmi Reza, Susi Lidiyawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work