Penerapan Social Media Business Strategy pada Toko Uda Chaniago Wijaya

Authors

  • Golan Hasan Universiitas Internasional Batam
  • Tasya Hasvia Universiitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7469

Abstract

Program pengabdian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan pemahaman salah satu UMKM yang ada di Kota Batam yaitu Toko Uda Chaniago Wijaya dalam melakukan penerapan strategi digital marketing. Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM saat ini hanya berfokus pada penjualan secara offline. Sistem penjualan yang dilakukan secara online masih sangat terbatas dan hanya mengandalkan konsumen yang sudah menetap atau berlangganan. Kondisi ini diakibatkan kurangnya pengetahuan pemilik mengenai pentingnya penerapan strategi digital dan pemanfaatan social media dalam menjalankan sebuah usaha. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah metode pendampingan yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Hasil dari program pengabdian ini mencakup penciptaan akun social media Instagram, pembuatan logo usaha, dan pembuatan konten berkualitas, yang menyebabkan peningkatan jumlah konsumen sebesar 94% di akun Instagram toko. Selain itu, kehadiran Toko Uda Chaniago juga semakin dikenal di kalangan konsumen Kota Batam, dan munculnya pelanggan baru setelah lokasi usaha didaftarkan pada aplikasi peta online Google Maps.

Keywords:

Digital Marketing, Instagram, Social Media, Toko Uda Chaniago Wijaya, UMKM

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 50
Downloads Count: 62

Published

2024-01-17

How to Cite

Hasan, G., & Hasvia, T. G. (2024). Penerapan Social Media Business Strategy pada Toko Uda Chaniago Wijaya. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 906–914. https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7469

Issue

Section

Articles