Penerapan Social Media Business Strategy pada Toko Uda Chaniago Wijaya
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7469Abstract
Program pengabdian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan pemahaman salah satu UMKM yang ada di Kota Batam yaitu Toko Uda Chaniago Wijaya dalam melakukan penerapan strategi digital marketing. Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM saat ini hanya berfokus pada penjualan secara offline. Sistem penjualan yang dilakukan secara online masih sangat terbatas dan hanya mengandalkan konsumen yang sudah menetap atau berlangganan. Kondisi ini diakibatkan kurangnya pengetahuan pemilik mengenai pentingnya penerapan strategi digital dan pemanfaatan social media dalam menjalankan sebuah usaha. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah metode pendampingan yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Hasil dari program pengabdian ini mencakup penciptaan akun social media Instagram, pembuatan logo usaha, dan pembuatan konten berkualitas, yang menyebabkan peningkatan jumlah konsumen sebesar 94% di akun Instagram toko. Selain itu, kehadiran Toko Uda Chaniago juga semakin dikenal di kalangan konsumen Kota Batam, dan munculnya pelanggan baru setelah lokasi usaha didaftarkan pada aplikasi peta online Google Maps.
Keywords:
Digital Marketing, Instagram, Social Media, Toko Uda Chaniago Wijaya, UMKMDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Golan Hasan, Tasya Hasvia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work