Nilai Kearifan Lokal Melayu Dalam Penggunaan Media Sosial Sebagai Sumber Informasi Pembelajaran Siswa

Authors

  • Dafrizal Samsudin UNIVERSITAS ISLAM RIAU
  • Marhamah Ahmad UNIVERSITAS ISLAM RIAU
  • Hamsal Kamar UNIVERSITAS ISLAM RIAU
  • Al Sukri UNIVERSITAS ISLAM RIAU

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7349

Keywords:

Nilai kearifan lokal, budaya Melayu, media sosial

Abstract

Kehadiran media sosial era digital ini telah membawa dampak terhadap kemudahan pencarian berbagai informasi, termasuk informasi pendidikan yang diakses oleh ramai siswa-siswi untuk menunjang kebutuhan akademik. Bagaimanapun juga, antara isu masalah yang timbul adalah bahwa media sosial juga membawa dampak negatif melalui konten-konten yang tidak layak dikonsumsi oles siswa sekolah. Sebagai upaya solusi dari isu masalah tersebut, maka kegiatan pengabdian masyarakat membawa tema pemberdayaan nilai kearifan lokal dalam memanfaatkan media sosial sebagai sumber informasi pendidikan bagi siswa SMAN 1 Siak Kecil Kabupaten Bengkalis. Tujuan pengabdian adalah untuk memberikan penyuluhan tentang nilai-nilai kearifan lokal budaya melayu terhadap siswa SMAN 1 Siak Kecil dalam penerapan pencarian informasi pendidikan melalui media sosial. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah penyuluhan yang terdiri dari kegiatan penyampaian materi oleh narasumber, diskusi dan tanya jawab. Kandungan materi yang disampaikan yaitu pengenalan dan penerapan nilai-nilai asas budaya Melayu dalam penggunaan media sosial sebagai sumber informasi pendidikan. Hasil kegiatan pengabdian yaitu secara kualitatif,  para siswa peseta pengabadian dapat mengetahui dan memahami yaitu 1) dampak positif dan negatif media sosial, 2) falsafah dan prinsip nilai-nilai pendidikan kearifan lokal adat resam Melayu, 3) kebijaksanaan dan adab menuntut ilmu dalam budaya Melayu.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-03

How to Cite

Samsudin, D., Ahmad, M., Kamar, H., & Sukri, A. (2024). Nilai Kearifan Lokal Melayu Dalam Penggunaan Media Sosial Sebagai Sumber Informasi Pembelajaran Siswa. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 238–246. https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7349

Issue

Section

Articles