Pendampingan Strategi Pemasaran UMKM Desa Bunut Sebrang Kecamatan Pulo Bandring Kabupaten Asahan Melalui Digital Marketing

Authors

  • Hadi Suriono Prodi Ekonomi Manajemen,Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan, Kisaran
  • Rumondang Prodi Ekonomi Budidaya Perairan, Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan, Kisaran, Indonesia
  • Nisfu Fhitri Prodi Ekonomi Manajemen,Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan, Kisaran, Indonesia
  • Dian Wahyuni Prodi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan, Kisaran, Indonesia
  • Normansyah Prodi Ekonomi Manajemen,Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan, Kisaran, Indonesia
  • M Saleh Malawat Prodi Ekonomi Manajemen,Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan, Kisaran, Indonesia
  • Abd Khauf Pase Prodi Ekonomi Manajemen,Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan, Kisaran, Indonesia
  • Heri Prasuanda Prodi Ekonomi Budidaya Perairan, Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan, Kisaran, Indonesia
  • Hamidah Siregar Prodi Ekonomi Manajemen,Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan, Kisaran, Indonesia
  • Indah Sibuea Prodi Ekonomi Manajemen,Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan, Kisaran, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7212

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran krusial sebagai salah satu variabel ekonomi yang memberikan kontribusi signifikan terhadap kekuatan perekonomian Indonesia dan daerah-daerahnya. UMKM memiliki peranan strategis dalam membentuk struktur ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Media sosial tersebut dipergunakan sebagai strategi bertahan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah untuk mengupayakan bisnisnya supaya bisnis tersebut dapat terus bertahan seperti hasil kajian Media sosial yang popular digunakan untuk promosi di masa ini berupa whatsapp, instagram dan market place. Desa Bunut Sebrang merupakan sebuah desa yang terletak di wilayah Kelurahan Pulo Badring, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara. Berdasarkan permasalahan tersebut kami menawarkan solusi yaitu dengan mengadakan workshop dengan tema terkait strategi. Kegiatan ini dilakukan dengan media transfer ilmu pengetahuan kepada mitra melalui workshop dan pendampingan yang dilakukan selama dua minggu. Workshop dilakukan dengan memberikan pemahaman terkait digital marketing dan membantu mitra membuatkan akun shopee sebagai sarana digital marketing pemasaran dan digital marketing dengan metode penyelesaian berupa pelatihan dan pendampingan. Hasil dari program ini yaitu mitra UMKM di Desa Bunut Sebarang, memiliki akun shopee sebagai sarana marketplace, memiliki akun instagram sebagai sarana media sosial.

Keywords:

UMKM, Digital Marketing, Strategi Pemasaran

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 60
Downloads Count: 56

Published

2024-01-31

How to Cite

Suriono, H., Rumondang, R., Fhitri, N., Wahyuni, D., Normansyah, N., Malawat, M. S., … Sibuea, I. (2024). Pendampingan Strategi Pemasaran UMKM Desa Bunut Sebrang Kecamatan Pulo Bandring Kabupaten Asahan Melalui Digital Marketing. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1126–1132. https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7212

Issue

Section

Articles