Pendampingan Strategi Pemasaran UMKM Desa Bunut Sebrang Kecamatan Pulo Bandring Kabupaten Asahan Melalui Digital Marketing
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7212Abstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran krusial sebagai salah satu variabel ekonomi yang memberikan kontribusi signifikan terhadap kekuatan perekonomian Indonesia dan daerah-daerahnya. UMKM memiliki peranan strategis dalam membentuk struktur ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Media sosial tersebut dipergunakan sebagai strategi bertahan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah untuk mengupayakan bisnisnya supaya bisnis tersebut dapat terus bertahan seperti hasil kajian Media sosial yang popular digunakan untuk promosi di masa ini berupa whatsapp, instagram dan market place. Desa Bunut Sebrang merupakan sebuah desa yang terletak di wilayah Kelurahan Pulo Badring, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara. Berdasarkan permasalahan tersebut kami menawarkan solusi yaitu dengan mengadakan workshop dengan tema terkait strategi. Kegiatan ini dilakukan dengan media transfer ilmu pengetahuan kepada mitra melalui workshop dan pendampingan yang dilakukan selama dua minggu. Workshop dilakukan dengan memberikan pemahaman terkait digital marketing dan membantu mitra membuatkan akun shopee sebagai sarana digital marketing pemasaran dan digital marketing dengan metode penyelesaian berupa pelatihan dan pendampingan. Hasil dari program ini yaitu mitra UMKM di Desa Bunut Sebarang, memiliki akun shopee sebagai sarana marketplace, memiliki akun instagram sebagai sarana media sosial.
Keywords:
UMKM, Digital Marketing, Strategi PemasaranDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hadi Suryono, Rumondang, Nisfu Fhitri, Dian Wahyuni, Normansyah, M Saleh Malawat, Abd Khauf Pase, Heri Prasuanda, Hamidah Siregar, Indah Sibuea

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work