Peran Mahasiswa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Longkewang Melalui Inisiatif Rumah Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7180Abstract
Penelitian ini mengkaji peran mahasiswa KKN SKTIP Muhammadiyah Kuningan dalam pemberdayaan masyarakat Desa Longkewang, Kecamatan Ciniru melalui inisiatif pendirian Rumah Belajar. Tujuan utama dari Rumah Belajar adalah untuk meningkatkan akses pendidikan bagi masyarakat di Desa Longkewang. Melalui program calistung, bimbel, aksara, sajak, dan tapak suci, mahasiswa KKN bertujuan memberikan kesempatan pendidikan yang setara dan inklusif bagi semua lapisan masyarakat, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan akses terhadap pendidikan formal, mendorong pembelajaran aktif dan kreatif, mengintegrasikan nilai-nilai budaya dan moral, mengukuhkan peran mahasiswa dalam masyarakat sebagai agen perubahan positif dalam masyarakat. Hasil pelaksanaan Program Rumah Belajar Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Longkewang, Kecamatan Ciniru, Kabupaten Kuningan dapat terlaksana dengan baik dan penuh antusias anak-anak SD. Kesimpulan kegiatan ini adanya partisipasi dan antusias anak-anak SD untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar di SD Negeri Longkewang dari awal sampai akhir
Keywords:
Rumah Belajar, Pendidikan, kerjasamaDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dewi Prasa, Sartono, Ajeung Fitriasari, Najia Ramadiana, Abdul Zabar Muhamad Zamaludin, Deri Agustin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work