Peran Mahasiswa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Longkewang Melalui Inisiatif Rumah Belajar

Authors

  • Dewi Prasa STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Sartono STKIP Muhammadiyah Kuningan, Kuningan, Indonesia
  • Ajeung Fitriasari STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Najia Ramadiana STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Abdul Zabar Muhamad Zamaludin STKIP Muhammadiyah Kuningan, Kuningan, Indonesia
  • Deri Agustin STKIP Muhammadiyah Kuningan, Kuningan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7180

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran mahasiswa KKN SKTIP Muhammadiyah Kuningan dalam pemberdayaan masyarakat Desa Longkewang, Kecamatan Ciniru melalui inisiatif pendirian Rumah Belajar. Tujuan utama dari Rumah Belajar adalah untuk meningkatkan akses pendidikan bagi masyarakat di Desa Longkewang. Melalui program calistung, bimbel, aksara, sajak, dan tapak suci, mahasiswa KKN bertujuan memberikan kesempatan pendidikan yang setara dan inklusif bagi semua lapisan masyarakat, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan akses terhadap pendidikan formal, mendorong pembelajaran aktif dan kreatif, mengintegrasikan nilai-nilai budaya dan moral, mengukuhkan peran mahasiswa dalam masyarakat sebagai agen perubahan positif dalam masyarakat. Hasil pelaksanaan Program Rumah Belajar Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Longkewang, Kecamatan Ciniru, Kabupaten Kuningan dapat terlaksana dengan baik dan penuh antusias anak-anak SD. Kesimpulan kegiatan ini adanya partisipasi dan antusias anak-anak SD untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar di SD Negeri Longkewang dari awal sampai akhir

Keywords:

Rumah Belajar, Pendidikan, kerjasama

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 464
Downloads Count: 357

Published

2024-01-03

How to Cite

Prasa, D., Sartono, S., Fitriasari, A., Ramadiana, N., Zamaludin, A. Z. M., & Agustin, D. (2024). Peran Mahasiswa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Longkewang Melalui Inisiatif Rumah Belajar. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 146–154. https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7180

Issue

Section

Articles